Pendaftaran Balon Pangulu (Kades) Resmi Ditutup di Kecamatan Girsang Sipangan Bolon -->
AYO IKUTI PROTOKOL KESEHATAN - CEGAH PENYEBARAN COVID-19 DIMULAI DARI DIRI KITA SENDIRI

Iklan

Pendaftaran Balon Pangulu (Kades) Resmi Ditutup di Kecamatan Girsang Sipangan Bolon

Jumat, 13 Januari 2023

 


Parapat, Sumutpos.id,- Panitia Pemilihan Pangulu Nagori (Pilpanag) melakukan rapat pleno penutupan pendaftaran bakal calon (Balon)  Pangulu ( Kepala Desa) di Kecamatan Girsang Sipangan Bolon, Kabupaten Simalungun , Sumatera Utara pada Jumat(13/1-2023) sekira pukul 18.00 Wib secara serentak yang mana tahapan pembukaan pendaftaran pangulu sebelumnya dilaksanakan oleh Panitia sejak tanggal 4 Januari 2023. 


Dari tiga Nagori (Desa) di Kecamatan Girsang Sipangan Bolon, yang mendaftarkan diri menjadi balon pangulu  ada 9 orang.  Di  Nagori Sibaganding  3  Calon , yaitu Martno Wandi Bakkara,  Rudi Pohan Sidabutar dan Forest Frans Sinaga. Untuk Nagori Sipangan Bolon Induk 2 Balon, Sahan Sinaga dan Iran Ambarita,  sedangkan di Nagori Sipangan Bolon Mekar 4 Calon , yaitu  Pandu Sagala, Meslyana Ocjuseph Tamba, Jaihutan Jakobus Sinaga Janti Sinaga. 


Dan panitia pemilihan masing-masing Nagori  mengatakan bahwa berkas persyaratan bakal calon pangulu tersebut telah LENGKAP dan akan dilaksanakan tahapan berikutnya yaitu verifikasi berkas  terkait keabsahannya.


Rapat pleno penutupan pendaftaran tersebut dihadiri oleh Camat Girsang Sipangan Bolon Maruwandi Yosua Simaibang, para Pj Pangulu dan seluruh anggota panitia pemilihan masing-masing Nagori. 


Kepada media, Ketua pemilihan Pangulu Nagori Sibaganding Robinson Sinaga didampingi sekretarisnya Jonner Sidabutar mengatakan," Di Nagori Sibaganding ada 3 Calon Pangulu  yang mendaftar , yakni Martno Wandi Bakkara,  Rudi Pohan Sidabutar dan Forest Frans Sinaga.  Dari 3 pendaftar sudah memenuhi semua persyaratan dan akan di verifikasi oleh panitia selama 5 hari , baru ada keputusan siapa yang akan lolos jadi calon," ucapnya, 


Robinson Sinaga menjelaskan, " Kriteria (syarat ) yang akan dipersiapkan  bakal calon pangulu , sesuai keputusan Bupati Simalungun, ada kriteria -kriteria tertentu yang dipenuhi bakal calon pangulu. Antara lain Integritas , dan tagwa kepada Tuhan yang Maha Esa, dan terpenting menyampaikan Visi dan Misi untuk memajukan Nagori Sibaganding," ucap Robinson.


Sementara , Camat Girsip,  Maruwandi Yosua Simaibang  berharap,  " Dari Panitia pengawas Kecamatan tentu menghimbau seluruh panitia pemilihan pangulu supaya mengedepankan akses kejujuran yang adil, penuh tangungjawab dan memiliki rasa mensukseskan perhelatan ini, sehinga terpilih lah pangulu yang punya integritas mampu dan bisa memajukan Nagori Sibaganding," ungkapnya.



Camat mengatakan, " Terkait desas -desus ada panitia pemilihan satu Nagori dalam proses tersebut tidak netral,  kami dari pengawasan telah berjalan secara intensif keseluruh panitia di Nagori. Memberikan edukasi, himbauan  dan bimbingan agar mengedepankan asas-asas jujur serta adil, netral terhadap calon-calon yang muncul,  sehingga apa pun keputusan yang diperoleh  panitia pemilihan dapat dipertangungjawabkan dengan lebih baik ke depan, sehingga hasilnya dapat dirasakan oleh masyarakat," katanya. 


Maruwandi menjelaskan, " Untuk di Kecamatan Girsang Sipangan Bolon di Tiga Nagori dan telah terverifikasi,  di Nagori Sibaganding 3 Calon, Nagori Sipangan Bolon Induk 2 Calon dan di Nagori Sipangan Bolon Mekar 4 Calon, dan secara umum kami nyatakan berjalan dengan lancar," kata Camat mengakhiri. (Red-SP.ID/Hery)