Wakil Ketua PKB Sumut, Bachtiar Kepada Politisi PDI-P, Dr. Aswan, "Lebih Baik Diam, Jangan Campuri Hak Prerogatif Gubsu" -->
AYO IKUTI PROTOKOL KESEHATAN - CEGAH PENYEBARAN COVID-19 DIMULAI DARI DIRI KITA SENDIRI

Iklan

Wakil Ketua PKB Sumut, Bachtiar Kepada Politisi PDI-P, Dr. Aswan, "Lebih Baik Diam, Jangan Campuri Hak Prerogatif Gubsu"

Tuesday, June 1, 2021

(Image/Gambar) : Wakil Ketua Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Sumut, yang juga Ketua Pemuda LIRA Sumatera Utara, Bachtiar, SH.

Medan - Sumutpos.id :
 Sekretaris Daerah provinsi Sumatera Utara R. Sabrina mengakhiri masa jabatannya per 1 Juni 2021, dan siapa yang bakal menjadi calon pengganti Sekda Provinsi Sumut ini, tentunya merupakan hak prerogatif dari Gubernur Sumatera Utara Letjen. Purn. Edy Rahmayadi.


Dalam memutus kebijakan untuk menggantikan Sekda Provsu, R. Sabrina yang telah berakhir masa jabatannya tersebut, Gubsu Edy Rahmayadi telah menunjuk Plt. Sekda Provsu Afifi Lubis. Akan tetapi dalam sebuah kebijakan yang diputuskan, pastinya akan selalu menuai pro dan kontra. 


Salah satu komentar datang dari Wakil Ketua DPD Partai PDI Perjuangan Sumatera Utara, Dr Aswan Jaya, yang menilai pengangkatan Afifi Lubis sebagai Pelaksana Tugas (Plt) Sekretaris Daerah (Sekda) Sumut merupakan kebijakan yang tidak ideal.


Bahkan, menurutnya kebijakan yang diputuskan Edy Rahmayadi dalam menggantikan Sekda Provsu R. Sabrina kepada Plt. Sekda Afifi Lubis adalah sebuah kebijakan yang linglung dari Gubsu Edy dalam menjalankan roda pemerintahannya.

Seharusnya, menurut Aswan pengangkatan penggantinya sudah dapat dipersiapkan sebelum masa jabatan Sekda berakhir, tapi kenyataannya "Jangankan mempersiapkan pengganti yang definitif, untuk mempersiapkan pemain sementara ajapun dia linglung, karena yang ditunjuk sebagai Plt adalah orang yang rangkap jabatan dan namanya itu-itu saja,” kata Aswan kepada wartawan di ruangan staf khusus DPRD Sumut, Senin (31/5).

“Sayangnya, Gubsu masih terlalu doyan untuk melakukan manuver yang melawan arah angin. Sehingga terlihat bodoh dalam pengambilan keputusan,” ujarnya.

Pernyataan Dr aswan Jaya yang menyebut Gubsu Edy Linglung karena telah menunjuk Afifi Lubis sebagai Plt Sekda Provsu, mengundang perlawanan dari politisi Partai Kebangkitan Bangsa.

Wakil Ketua PKB Sumatera Utara, Bachtiar turut angkat bicara, dan  mengatakan, "bahwa apa yang dikatakan Dr Aswan tersebut justru membuat malu Partai berlambang banteng moncong putih itu sendiri. 

Menurut Bachtiar, yang juga Ketua Pemuda LIRA Sumatera Utara ini, masalah pergantian Sekda itu adalah hak Prerogatif Gubernur, tak perlu dicampuri oleh siapapun bila kenyataannya yang ditunjuk memang telah memenuhi persyaratan. 

Dan pernyataan politisi PDI-P yang mengatakan, "Gubsu Edy Linglung karena menunjuk Plt Sekda Provsu Afifi Lubis adalah sebuah pernyataan yang sama sekali tidak tepat dan tidak berdasar, kalo tidak faham akan tugas Gubsu, lebih baik diam, lebih baik banyak lagi belajar untuk mencari tahu hak-hak seseorang dalam mengkritisi persoalan yang ada", tegas Bachtiar.

Sebagaimana diketahui bahwa Afifi Lubis adalah mantan wakil walikota Sibolga yang saat ini ditunjuk Gubsu untuk menjabat sebagai Plt Sekretaris Dewan Provsu memiliki pengalaman yang mumpuni dalam berkontribusi membantu Gubernur. Dan beberapa jabatan sebagai Birokrat telah pernah di emban dan dijalankan oleh Afifi Lubis.

(Red-SP.ID/01)