KITA BANGGA PUNYA PANCASILA -->
AYO IKUTI PROTOKOL KESEHATAN - CEGAH PENYEBARAN COVID-19 DIMULAI DARI DIRI KITA SENDIRI

Iklan

KITA BANGGA PUNYA PANCASILA

Monday, May 31, 2021




(Image/Gambar) : Saya Pancasila, Saya Indonesia


Oleh: Julister Sihite, S.Pd
Wartawan SumutPos.id

 

 Saya Indonesia, Saya Pancasila!!
Menandakan kebanggaan kita terhadap Indonesia dan Pancasila, yang belum ada duanya di dunia manapun.

Pancasila lahir dari peradaban luhur bangsa Indonesia sejak dahulu kala. Di gali dan lahir pada tanggal 1 Juni 1945, oleh "founding father " kita bung Karno.

Kita dapat berdiri saat ini, berkat kehebatan dan kesaktian Pancasila yang merangkul keberagaman, perbedaan dari suku, agama, ras dan antar golongan.

Ke - 5 sila di dalamnya, merupakan satu - kesatuan yang tak dapat dipisahkan satu sama lain. Saling mendukung dan mengisi, untuk menuju dan mencapai tujuan kita bersama yaitu "MASYARAKAT ADIL DAN MAKMUR."

Tentu dalam mencapai tujuan tersebut, tantangan dan cobaan selalu datang menghadang. Tapi kita tak boleh lengah, kita harus tetap waspada. Merawat, memelihara dan menjalankan Pancasila itu dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

Kita bangsa yang besar, dalam pluralisme tunggal, tak mau hancur berkeping - keping, seperti Irak dan Suriah, dan negara lainnya, hanya karena sentimen suku, agama, ras dan antar golongan. Rasa kemanusiaan di sana hancur lebur. "Homo - homo ni lupus," manusia serigala bagi manusia lainnya.

Mari berbangga dan membusungkan dada, penuh optimis dan percaya diri, karena Pancasila kita menjadi contoh, bagi banyak negara di dunia.

Oleh karena itu, apapun alasannya, mari terus kita gelorakan semangat Pak Jokowi, Saya Indonesia, Saya Pancasila, sehingga Ibu Pertiwi kita tetap ceria dan kita yakin dalam "new normal" pandemi virus corona ini, kita pasti bisa keluar dan jadi PEMENANG.

"Pancasila itu jiwa dan raga kita. Ada di aliran dan detak jantung kita, perekat keutuhan bangsa dan negara. Saya Jokowi, Saya Indonesia, Saya Pancasila. Kalau kamu?" "Saya Indonesia, Saya Pancasila jua."

Selamat Hari Lahir Pancasila, semoga bangsa dan negara kita tetap utuh dan kokoh, dalam falsafah Pancasila kita tercinta. Dan Tahun Ajaran Baru ini, Pelajaran Pendidikan Pancasila (PMP) dihidupkan lagi dari Tingkat SD sampai Perguruan Tinggi.

Salam Pancasila, Julister Sihite. Pematangsiantar, 1 Juni 2021.