Bupati Simalungun Bersama Ketua Komisi 2 DPR RI Laksanakan Peletakan Batu Pertama Pembangunan RSUD Parapat -->
AYO IKUTI PROTOKOL KESEHATAN - CEGAH PENYEBARAN COVID-19 DIMULAI DARI DIRI KITA SENDIRI

Iklan

Bupati Simalungun Bersama Ketua Komisi 2 DPR RI Laksanakan Peletakan Batu Pertama Pembangunan RSUD Parapat

Jumat, 09 Februari 2024

 




Parapat, Sumutpos Id,-  Pemerintah Kabupaten Simalungun terus berupaya agar pelayanan kesehatan dapat merata untuk seluruh masyarakat. Dengan terjaganya kesehatan masyarakat maka akan meningkatkan pula kesejahteraan perekonomian warga.


 Sebagai bentuk komitmen dalam hal tersebut,  Bupati Simalungun Radiapoh Hasiholan Sinaga SH MH didampingi OPD, dan Ketua Komisi 2 DPR RI Dr H Ahmad Dolo Kurnia Tanjung melakukan Ground Breaking (peletakan Batu Pertama) eks  Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Parapat, di Kelurahan Girsang, Kecamatan Girsang Sipangan Bolon, Sumatera Utara pada Jumat(9/2-2024). 






Kepada Media, Bupati Simalungun Radiapoh Hasiholan Sinaga SH MH menyampaikan, bahwa Pemerintah Simalungun telah menyiapkan anggaran untuk para dokter Spesialis di RSUD Parapat. Sehinga bisa melayani kesehatan masyarakat  24 jam penuh. 


" Sudah kita siapkan anggaranya Supaya pelayanan Kesehatan di RSUD Parapat 24 Jam penuh. Artinya seluruh masyatakat yang ada  di seputar Kawasan Danau Toba tidak perlu lagi ke Penang Berobat. Karena Dokter spesialis sudah kita siapkan. Jadi tidak perlu lagi jauh-jauh berobat ke Negara lain, Cukup di Kota Parapat selesai kesehatanya," ungkapnya, 


Ketika disingung terkait penanganan sampah yang kurang maksimal di objek Wisata Parapat. Bupati Radiapoh Hasiholan Sinaga mengatakan , terkait penanganan sampah di objek Wisata Parapat akan menjadi atensi dan perhatian Khusus Pemerintah Simalungun.  






" Sampah akan menjadi atensi dan perhatian khusus Pemerintah Kabupaten Simalungun. Dan nanti akan di pihak ketigakan melalui dinas Badan Lingkungan Hidup," ucap Bupati Simalungun itu, 


Sementara, Ketua Komisi 2 DPR RI Ketua Komisi 2 DPR RI Dr H Ahmad Doli Kurnia Tanjung mengatakan, dirinya adalah orang yang dimintai tolong oleh bapak Bupati Simalungun dan bapak Direktur RSUD Parapat untuk membuka akses  di Jakarta. 


" Melalui Komisi 9 DPR RI membuka akses  kepada Menteri Kesehatan.  Dan sekarang anggarannya sudah taralisasi. Bagaimana pembangunannya bisa lancar, Sukses dan bisa di pertangunjawabkan . Mudah-mudahan tahun depan anggaran ke RSUD Parapat  bisa kita perjuangkan lagi," kata kader Partai Golkar itu. 


             Liputan Vidio  Sumutpos.id


Dalam laporannya, Direktur RSUD Parapat dr Hendry Jimmy Gultom menyampaikan, dana untuk pembangunan sarana prasaran dan alat alkes  RSUD Parapat diperoleh dari APBN melui Kementerian Kesehatan. 


Bahkan RSUD Parapat telah meningkatkan  SDM  dan menyiapkan beberapa tenaga dokter spesialis. Dengan Harapan supaya bisa melayani masyarakat di seputar Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) Danau Toba. 


Pantauan dilokasi, turut hadir dalam acara Ground Breaking Kepala dinas kesehatan Provinsi Sumut dr Alwi Mujahit Hasibuan Mkes. Ketua DPRD Simalungun Timbul Jaya Sibarani SH MH  , Kapolsek Parapat AKP Jonni Silalahi, Danramil Kecamatan Girsang Sipangan Bolon, Kapten Inf P Pasaribu,  Kedis Kesehatan Simalungun Edwin Simajuntak, Cucu Pemberi Tanah RSUD Parapat Maruahal Sinaga, Tokoh Agama, Partuah Maujana Simalungun, pegawai puskesmas, tokoh adat, para pemuka agama , dan ratusan undangan masyarakat.


Sebelum acara dimulai, undangan Forkopimda Simalungun disambut dengan tarian simalungun. Dilanjutkan  pembagian sembako beras kepada warga yang hadir dan pemberian susu bagi ibu hamil. Dalam kesempatan itu juga  Bupati Simalungun Radiapoh Hasiholan Sinaga terima  satu unit mobil Ambulance RSUD Parapat, bantuan dari Bank Sumut. (RED-SP-ID/Hery)