PPRS Girsang Sipangan Bolon Ziarah Bersama ke Makam Raja Silahisabungan Nabolak -->
AYO IKUTI PROTOKOL KESEHATAN - CEGAH PENYEBARAN COVID-19 DIMULAI DARI DIRI KITA SENDIRI

Iklan

PPRS Girsang Sipangan Bolon Ziarah Bersama ke Makam Raja Silahisabungan Nabolak

Jumat, 24 Maret 2023

 


Parapat, sumutpos.id,- Keluarga Besar  Punguan Pomparan Raja Silahisabungan (PPRS) Kecamatan Girsang Sipangan Bolon, Kabupaten Simalungun, Boru, bere, dan Ibebere melakukan Ziarah bersama ke makam Raja Silahisabungan Nabolak, di Desa Silalahi 3, Kecamatan Silahisabungan, Kabupaten Dairi pada Jumat(24/3-2023).




Setelah usai ziarah dari makan Raja Silahisabungan,  rombongan PPRS Girsang tersebut melanjutkan  perjalanan wisata (Tour ) ke permandian air panas di Pangururan Kabupaten Samosir. Selanjutnya rombongan bertolak ke Parapat. 



Kepada Media, Ketua PPRS Girsang Sipangan Bolon Pudin Hamonanggan Doloksaribu mengatakan, keluarga besar PPRS Girsang bersama melakukan ziarah ke makam Raja Silahisabungan Nabolak. 


"Kita menuju ke Bona Pasogit Tao Silahisabungan Nabolak,  dalam rangka Ziarah sekaligus Tour. Setelah sampai di Bona Pasogit kita mengadakan kebaktian yang dipimpin oleh Pendeta Tambunan. Setelah usai kebaktian  makan bersama dengan pengetua setempat, selanjutnya melakukan ziarah," ucapnya.


Setelah  berziarah, kata Pudin, keluarga besar PPRS langsung menuju Pangururan air panas Samosir untuk wisata (Tour) ke permandian Air Panas di Pangururan Samosir dan kembali ke Parapat.


"Kegiatan ziarah dan Tour ini khusus Punguan Raja Silahisabungan Kecamatan Girsang Sipangan Bolon sekitarnya.  Dan bagi Pomparan Raja Silahisabungan yang tidak ikut hari ini, mudah-mudah tahun depan  tidak ada halangan kita bisa berangkat bersama anak-anak , dan cucu ke Bona Pasogit lagi," ungkap Ketua PPRS Girsang Sipangan Bolon  itu. 


Sementara, Sekretaris PPRS Kota Siantar Dapotan Silalahi menjelaskan sejarah singkat tentang Raja Silahisabungan. Bahwa Silalahi nabolak adalah daerah perkampungan yang di tuju oppung Raja Silahisabungan.



 Kala itu Raja Silahisabungan dan adeknya Siraja Oloan berangkat bersama dari Balige ke Silalahi Nabolak. Karena memang Silalahi Nabolak yang dituju adalah  hamparan yang paling luas perkampungan di seluruh Bukit Barisan Danau Toba. Dan dulunya Danau Toba dikenal dengan Tao silalahi pada saat di jaman penjajahan belanda.


" Bahkan Silahisabungan mempunyai ke unikan tersendiri dari marga- marga yang lain. Mempunyai logat bahasa  tersendiri, punya gondang tersendiri yang disebut gondang si33, dan memiliki ulos tersendiri  yang unik dan menarik. Ada 10 jenisnya yang tidak dimiliki marga lainnya. Bahkan banyak lagi warisan budaya yang di ciptakan opung raja silahisabungan," terang Dapotan Silalahi..


Amatan di lokasi, sebelum keluarga besar PPRS Girsang berangkat terlebih dulu diadakan doa bersama di atas Kapal. Tujuannya untuk meminta keselamatan dari Tuhan Yang Maha Esa saat di perjalanan.(Red-SP.ID/Hery)