Rumah Sakit Umum Daerah Parapat Telah Memiliki Puluhan Dokter Spesialis -->
AYO IKUTI PROTOKOL KESEHATAN - CEGAH PENYEBARAN COVID-19 DIMULAI DARI DIRI KITA SENDIRI

Iklan

Rumah Sakit Umum Daerah Parapat Telah Memiliki Puluhan Dokter Spesialis

Rabu, 01 Februari 2023

 


Parapat, Sumutpos.id,- Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Parapat yang berada di Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) Danau Toba di Kecamatan Girsang Sipangan Bolon, Kabupaten Simalungun, Sumatera Utara telah memiliki puluhan dokter spesialis untuk penyakit Dalam, THT, Kandungan , Anak , Bedah , Paru , Gigi Mulut, Saraf, Anastesi, Patologi Anatomi, Telinga, Mata , Jantung, Kejiwaan dan dokter spesialis Forensik. 



Oleh karena itu pihak Rumah Sakito mengajak  masyarakat luas  khusus Kabupaten Simalungun agar datang berobat ke RSUD Parapat , dengan kelengkapan dokter spesialis.  Dan hal itu disampaikan Direktur RSUD Parapat dr. Henry Jimmy Gultom kepada awak Media Sumutpos.id diruang kerjanya , Rabu (1/2-2023). 


Dikatakannya, terkait keberadaan dokter spesialis di RSUD Parapat bahwa saat ini  sudah ada dokter spesialis anak 2 orang yang melayani kesehatan anak mulai hari Senin sampai hari Minggu. 

" Kemudian dokter spesialis Paru sudah ada 2 orang yang melayani pasien hari Senin sampai Sabtu. Juga dokter spesialis penyakit dalam ada 2 orang melayani mulai hari Senin sampai Jumat, selanjutnya dokter spesialis kandungan dengan  7 hari pelayanan, yaitu hari  Senin sampai Senin berikutnya," tegasnya, 


dr. Henry juga menyampaikan, " Kita sudah ada dokter spesialis THT melayani hari Kamis sampai hari Sabtu. Ada juga dokter spesialis Bedah melayani hari Senin sampai Minggu. Selain itu ada dokter spesialis Saraf yang sebelumnya belum ada. Jadi sekarang sudah ada dengan melayani mulai hari Selasa sampai Sabtu," ucapnya.


Lanjutnya, di RSUD Parapat juga ada 2 dokter spesialis Anastesi yang melayani tindakan Emergensi atau kebutuhan operasi mulai hari Senin sampai Minggu. Juga dokter spesialis gigi dan mulut mulai melayani hari  Senin sampai Sabtu.


"  Disini juga ada dokter spesialis mata melayani masyarakat hari Senin pagi  dan hari Sabtu jam 13.00 Wib, sampai jam 18.00 Wib, Juga ada dokter spesialis patologi Anatomi, kemudian dokter spesialis Kejiwaan jam kerja hari Kamis dan Sabtu. Ada juga dokter spesialis forensik karena bagian rujukan BASARNAS. Dan ada juga dokter spesialis patologi Klinik untuk melayani pemeriksaan Laboratorium," paparnya.


Terkait pengunaan BPJS, kata dr. Henry Jimmy Gultom , ada beberapa yang lagi progres untuk dapat melayani BPJS Kesehatan. 


" Karena dokter spesialis Jantung , THT, Mata, Patologi Anatomi , dan Jiwa baru dibuka jenis layanannya, jadi sudah diusulkan ke BPJS Kesehatan.  Mudah-mudahan dalam waktu dekat pihak BPJS dapat monitoring  Speksim melihat kesiapan Rumah Sakit Parapat,  untuk dapat membuka pelayanan baru dan bekerjasama dengan BPJS Kesehatan," ujarnya. 


dr. Jimmi kembali memberitahukan bahwa Rumah Sakit Umum Daerah Parapat sekarang sudah lengkap dokter spesialis dengan harapan supaya dapat melayani masyarakat.


"  Kita tidak mau lagi Rumah Sakit Parapat sebagai UGD. Begitu masuk ke Rumah sakit ini masyarakat dapat terlayani dengan keberadaan para dokter spesialis ," ucap dr Henry Jimmy Gultom. 


Terpisah, seorang pasien penyakit paru,  Timbul Sinaga mengatakan, pelayanan di Rumah Sakit Parapat sudah termasuk bagus, begitu juga dokter dan perawatnya  cukup ramah. " Pokoknya  puas lah karna dokter sudah memberitahukan penyakit saya," kata Warga Huta Tolu Sibaganding itu. 



Ada pun para dokter spesialis di RSUD Parapat, yaitu dr Esfayanti Sianturi  dan dr Fitri Parinda Sitanggang (spesialis Anak), dr Herbet Pardamean Hutagaol (spesialis Paru),  dr Indah Fitri Saragih (spesialis penyakit dalam), dr Olgayanti Hutapea, dr Tonggo Siallagan, dr Yudha Simbolon  dan dr Sudung Reinhard M Siahaan (spesialis kandungan).


dr Velrones Tampubolon (spesialis Bedah), dr Budi Harto Batubara dan dr Romulus Sianipar  (spesialis Anastesi), dr Feryary Diploma Sembiring dan dr Minar (spesialis Saraf), drg STT Subarta S.A , drg Lusiana Simangunsong, drg Sarah Ima Lonq Lumbang Tobing (spesialis Gigi Mulut), dr Maruli Tua Sianipar(spesialis Jantung), dr Aditiya  (spesialis Telinga) , dr Mahar Jaya Purba (spesialis Mata), dr Syahrial (spesialis Patologi Klinik), dr Dahliani Waruhu M Keb (spesialis Patologi Anatomi), dr Manahap CF Pardosi (spesialis Kejiwaan) dan dr Erwin Sembiring (spesialis Forensik).(Red-SP.ID/Hery)