Percepat Penurunan Angka Kasus Stunting, Bupati Lakukan Skema Jemput Bola -->
AYO IKUTI PROTOKOL KESEHATAN - CEGAH PENYEBARAN COVID-19 DIMULAI DARI DIRI KITA SENDIRI

Iklan

Percepat Penurunan Angka Kasus Stunting, Bupati Lakukan Skema Jemput Bola

Rabu, 08 Februari 2023




Kuala Tungkal,Sumutpos,id  - Sebagai upaya dalam mempercepat penurunan kasus angka stunting, Bupati Tanjung Jabung Barat Drs. H. Anwar Sadat, M.Ag lakukan upaya jemput bola dengan memberikan bantuan asupan sehat dan padat gizi kepada anak-anak yang mengalami kekurangan gizi dan dijemput langsung untuk diperiksakan kondisinya di RSUD K.H Daud Arif Kuala Tungkal. 


Saat ini, penurunan kasus stunting atau gagal tumbuh kembang pada anak akibat kekurangan gizi secara kronis, tengah menjadi program prioritas Pemkab Tanjab Barat, berbagai upaya penanganannya terus digenjot Penkab Tanjab Barat dengan melibatkan berbagai pihak. 


Disampaikan Bupati, hari ini, Rabu (8/2), sepuluh anak penderita stunting dari Kelurahan Sungai Nibung dan Kelurahan Tungkal 1 dijemput untuk diperiksakan kondisinya ke  RSUD K.H Daud Arif Kuala Tungkal. 


"Hari ini Pemkab Tanjab Barat lakukan upaya maksimal penurunan angka stunting, salah satu skema yang kita lakukan saat ini ialah dengan menjemput bola, artinya anak - anak stunting kita jemput untuk diperiksakan dengan dokter spesialis anak ataupun spesialis gizizl," katanya.


"Setelah diperiksa, apabila nantinya ada kelainan kepada anak tersebut, maka kita akan konsultasikan kepada dokter, terkait penyakit yang diderita pada si anak." Tambahnya


Lebih lanjut, Bupati juga menyampaikan bahwa skema ini akan terus dilakukan, nantinya setiap hari ada 10 anak stunting yang dijemput guna diperiksakan kepada dokter spesialis serta diberikan asupan padat gizi. Harapannya, jika makanan yang mengandung gizi dikonsumsi setiap hari atau sesering mungkin oleh anak balita dapat mempercepat penurunan kasus stunting pada anak di Tanjab Barat.


Pada kesempatan tersebut Bupati meminta kepada Dinas terkait dan pemangku kepentingan lainnya untuk bisa memberikan pemahaman kepada orang tua tentang pola asuh, pola makan terhadap anak guna percepatan penurunan angka stunting di Tanjab Barat.


"Kita juga akan menggandeng Baznas, jadi sembako yang diberikan itu, contohnya beras. Nah beras itu nantinya akan mengandung zinc." Ungkap Bupati


"Semoga upaya yang kami lakukan ini dapat di dukung dari semua elemen, sehingga nantinya dapat melahirkan generasi yang berkualitas seperti yang di inginkan Pemerintah." Pungkasnya


Turut mendampingi Bupati pada kegiatan tersebut, Asisten Perekonomian dan Pembangunan, dan Kepala OPD terkait.   (RED-SP.ID-JS/Lingga)