Wawako Gunungsitoli Hadiri Pelaksanaan Desa Tertib Administrasi di Evaluasi TP PKK Provinsi Sumut -->
AYO IKUTI PROTOKOL KESEHATAN - CEGAH PENYEBARAN COVID-19 DIMULAI DARI DIRI KITA SENDIRI

Iklan

Wawako Gunungsitoli Hadiri Pelaksanaan Desa Tertib Administrasi di Evaluasi TP PKK Provinsi Sumut

Friday, November 11, 2022

Gunungsitoli - Sumutpos.id : Desa Hilimbawodesolo Kecamatan Gunungsitoli Idanoi sebagai Desa Pelaksanaan Tertib Administrasi PKK di Evaluasi oleh Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) berdempat di Balai Desa Hilimbawodesolo, Selasa (08/11/2022).


Dalam arahan dan bimbingannya, Wakil Wali Kota Gunungsitoli Sowa’a Laoli,SE.,M.Si menyampaikan semoga kunjungan yang dilakukan TP PKK Propinsi Sumatera Utara memberikan nilai baik yang dapat memicu semangat Tim Penggerak PKK Kota Gunungsitoli melalui koordinasi dan keterpaduan lintas sektoral terkait dengan mitra sejajar PKK dalam mengisi pembangunan di segala bidang.


“Gerakan PKK adalah gerakan dalam pembangunan masyarakat yang tumbuh dari, oleh dan untuk masyarakat menuju terwujudnya keluarga yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, Berakhlak Mulia dan Berbudi Luhur, Sehat, Sejahtera, Maju dan Mandiri, Kesetaraan dan Keadilan Gender serta Kesadaran Hukum dan Lingkungan,”jelasnya.


Masih disampaikannya bahwa evaluasi desa pelaksana tertib administrasi PKK di Desa Hilimbawadesolo untuk melihat inovasi desa dalam mempermudah pemutakhiran data potensi desa dengan adanya Sistem Informasi Potensi Desa (Siprodesa) dan dengan adanya Inovasi PKK Kota Gunungsitoli yaitu Aplikasi Sistem Informasi Manajemen PKK Kota Gunungsitoli (Simponi).


Sebelumnya Ketua TP PKK Kota Gunungsitoli Ny. Tini Lakhomizaro Zebua dalam laporannya menyampaikan bahwa PKK Kota Gunungsitoli sudah menerapkan pola pembinaan dengan rentang kendali 6, 9, 12 dalam melaksanakan supervisi, monitoring dan evaluasi di tingkat Kota Gunungsitoli, Kecamatan dan Desa dalam mengukur dan menata seluruh program yang telah direncanakan dan selanjutnya dilaksanakan.


“Sebelumnya ada 2 jenis lomba yang telah dimonitoring pada bulan lalu yaitu lomba tertib administrasi PKK dan UP2K PKK. Namun lomba UP2K PKK Desa Tetehosi Afia Kecamatan Gunungsitoli Utara, tidak bisa lanjut ketahap evaluasi karena kondisi dan situasi yang tidak bisa dielakkan,”jelasnya.


Sementara itu, dalam sambutan Ketua TP PKK Propinsi Sumatera Utara yang dibacakan Ketua Tim Evaluasi M. Nirman Nasution menyampaikan bahwa kegiatan evaluasi yang dilaksanakan dalam rangka Hari Kesatuan Gerak (HKG) PKK Tahun 2022.


“Pertemuan ini merupakan sebuah keistemewaan dan kebanggaan karena mampu mencapai tahap evaluasi setelah bersaing ketat untuk lolos masuk nominasi hasil monitoring yang telah terlaksana dengan baik dan ketat untuk menentukan posisi 8 (delapan) besar kategori Kabupaten dan posisi 5 (Lima) besar kategori Kota. Persaingan untuk menjadi yang terbaik adalah suatu tantangan yang menarik untuk dihadapi dalam rangka mengukur dan menimbang tingkat kualitas dari program kerja yang telah dilaksanakan sehingga keseimbangan antara perencanaan, pelaksanaan, pengawasan serta evaluasi dapat teranalisa dengan baik, cermat dan terukur,”jelasnya.


Turut hadir dalam kegiatan tersebut Asisten Sekda Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Drs. Arham Dusky Hia, M.Si , Sejumlah Kepala Perangkat Daerah dan Camat Lingkup Pemerintah Kota Gunungsitoli serta Ketua I TP PKK Kota Gunungsitoli Ny. Venny Sowa’a Laoli.(Red-SP.ID/FH)