Pemkab Dairi Urutan Ke-2 Lomba Inovasi Daerah Sumut Tahun 2022, Lolos Tahap Berikutnya -->
AYO IKUTI PROTOKOL KESEHATAN - CEGAH PENYEBARAN COVID-19 DIMULAI DARI DIRI KITA SENDIRI

Iklan

Pemkab Dairi Urutan Ke-2 Lomba Inovasi Daerah Sumut Tahun 2022, Lolos Tahap Berikutnya

Monday, October 24, 2022

Sidikalang-sumutpos.id :Pemerintah Kabupaten Dairi mengikuti Lomba Inovasi Daerah Provinsi Sumatera Utara tahun 2022 yang digelar oleh Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang) Provinsi Sumatera Utara.


Dalam lomba inovasi ini, Pemerintah Kabupaten Dairi mengandalkan inovasi Pelayanan Administrasi Kependudukan Berbasis Online atau yang dikenal dengan Perkebbas. Berlangsung selama 2 hari (19-20) Oktober 2022 di Kantor Balitbang Sumatera Utara, Jalan Sisingamangaraja Medan, lomba tersebut mengambil tema Inovasi Tata Kelola Pemerintah, Kebijakan Publik dan Inovasi lainnya, dengan peserta dari seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Provinsi Sumatera Utara dan OPD Kabupaten/Kota.


Di temui di ruang kerjanya, Jumat (21/10/2022), lalu Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Deddy Situmorang mengatakan, Perkebbas diandalkan untuk mengikuti kompetisi tersebut setelah melengkapi berbagai kriteria penialaian lomba yang telah ditentukan.


Hasil dari penilaian Balitbang Provinsi Sumatera Utara, Perkebbas yang menjadi inovasi dalam lomba tersebut berada di urutan kedua dengan nilai 95. Sesuai dengan surat edaran yang telah diberikan oleh Balitbang, Pemkab Dairi pada Kamis (20/10/2022) telah mengikuti tahap selanjutnya, dan setelah dilakukan penilaian hasilnya inovasi Perkebbas masuk dalam 20 besar dengan urutan kedua.


“Yang masuk dalam 20 besar ini, nantinya akan masuk lagi ke tahap selanjutnya, yakni wawancara dengan para dewan juri. Setelah wawancara, akan turun tim untuk melihat langsung bagaimana inovasi itu berjalan jika nantinya masuk ke dalam 10 besar,” ujarnya.


Saat melakukan pemaparan di hadapan para dewan juri, Deddy Situmorang mengatakan, Perkebbas merupakan salah satu sarana atau media untuk mempermudah pendekatan pelayanan kepada masyarakat. Perkebas ini telah sampai ke desa, kelurahan, puskesmas, rumah sakit, kantor pengadilan agama, pengadilan negeri yang dalam artian seluruh layanan adminduk sudah hadir di tengah-tengah masyarakat.


Layanan adminduk di puksesmas misalnya, ketika ada anak lahir maka akta lahir, kartu keluarga dan kartu identitas anak sudah bisa langsung dikeluarkan. Diharapkan, Perkebbas merupakan media untuk mempermudah serta mendekatkan pemerintah dengan masyarakatnya sehingga perkebas menjadi salah satu inovasi yang dipelombakan pada lomba inovasi tingkat Sumatera Utara tahun 2022.


“Kita optimis untuk menang, karena dalam paparan yang kami sampaikan, dewan juri sangat puas, sangat mengapresiasi inovasi yang dilakukan Pemkab Dairi, salah satunya aplikasi Perkebbas. Secara kompleks Perkebbas ini menjadi solusi untuk kebutuhan dokumen adminduk, sehingga kita optimis bisa menang,” ucap Deddy Situmorang mengakhiri pembicaraan nya(Red-SP.ID/CS)