Bupati Dairi Eddy Berutu Dampingi Anggota DPR RI Djarot Syaiful Hidayat Serahkan Bantuan Dari Kementerian Pertanian Untuk Petani Dairi -->
AYO IKUTI PROTOKOL KESEHATAN - CEGAH PENYEBARAN COVID-19 DIMULAI DARI DIRI KITA SENDIRI

Iklan

Bupati Dairi Eddy Berutu Dampingi Anggota DPR RI Djarot Syaiful Hidayat Serahkan Bantuan Dari Kementerian Pertanian Untuk Petani Dairi

Tuesday, October 25, 2022

Dairi-sumutpos.id :Anggota DPR-RI Komisi IV Djarot Syaiful Hidayat menyerahkan bantuan Alsintan hand tractor roda dua dan hands Sprayer elektrik. Saat menyerahkan bantuan, Djarot didampingi Bupati Dairi Eddy Keleng Ate Berutu.


Penyerahan alsintan dilakukan di aula kantor Dinas Pertanian Kabupaten Dairi, Sidikalang, Senin (24/10/2022). Acara ini selain dihadiri oleh Bupati Dairi Dr Eddy Keleng Ate Berutu, juga dihadiri anggota DPRD Sumatera Utara Anwar Sani Tarigan, Kadis Pertanian Dairi Robot Simanullang, Ketua DPC PDI Perjuangan Dairi Resoalon Lumbangaol, serta seluruh staf dinas pertanian dan anggota kelompok tani penerima bantuan.


“Saya ingin memastikan Alsintan ini tepat sasaran, dimanfaatkan secara maksimal untuk meningkatkan produktifitas, meringankan beban biaya agar lebih efisien,” kata Syaiful.


Dijelaskan Syaiful, untuk Dairi sudah diberikan program unit pengolahan pupuk organik, di mana sapinya akan diupayakan dari provinsi Sumut sebagai bentuk perjuangan dari Anwar Sani.



“Kita paham Dairi tidak bisa bergerak sendiri mewujudkan masyarakat petani sebagai tulang punggung bangsa menjadi makmur, sehingga perlu dibantu dari provinsi dan dari pusat,” katanya lagi.


Djarot menambahkan bahwa Ia sudah menyampaikan kepada Bupati dan Kadis pertanian bahwa saat ini Ia sedang belanja potensi di Dairi, dengan maksud agar potensi yang ada akan berjalan selaras dengan apa yang dibutuhkan petani.


“Supaya apa? begitu kita tahu potensi Dairi, saya bisa sampaikan ke kementerian terkait tentang apa yang dibutuhkan oleh Dairi sehingga hasilnya nyambung. Misalnya saja, bila potensinya jagung, maka apa yang dibutuhkan untuk mendongkrak pertanian jagung akan kita upayakan. Saya senang mendengar apa yang disampaikan Pak bupati, bahwa yang diperlukan petani adalah kepastian, yaitu kepastian harga saat produksi melimpah, dan kepastian itu terjadi bila kita kerjasama dengan industri. Kami akan dukung program bupati fokus pada pertanian hortikultura, selain kopi dan jagung. Apa saja yang dapat mensejahterakan rakyat, termasuk kelapa, dan vanilla akan kita bantu, karena ini memang tugas kami,” katanya mengakhiri.


Sebelumnya Bupati Dr Eddy Keleng Ate Berutu menyampaikan rasa terima kasihnya atas perhatiannya pada petani dan pertanian di Kabupaten Dairi, seraya berharap bantuan di tahun depan akan jauh lebih besar dengan anggaran yang juga lebih besar tentunya.


“Ke depan kita akan bekerja lebih keras lagi agar para petani kita bisa menjadi petani swadaya. Tidak perlu lagi menuggu pemerintah, karena perbankan akan siap memberikan modal dengan bunga rendah 3% pertahun. Kadis pertanian sudah menyiapkan ekosistemnya, menyiapkan mitra penyedia pupuk, bibit yang bersertifikasi serta mitra untuk menampung hasil produksi dalam mengantisipasi apabila produk pertanian melimpah dengan jaminan harga tidak jatuh,” ungkap Bupati.


Disebut juga, Pemkab Dairi saat ini sedang menggodok kerjasama dengan Pemko Medan untuk mengatasi inflasi dari produk pertanian hortikultura, yakni menjadi penyuplai bahan pangan komoditi seperti cabai, bawang merah tomat dan yang lainnya untuk kota Medan.


Disebut juga bahwa kerjasama ini tercipta karena kesamaan visi dalam mensejahterakan masyarakat


“Pak Wali Kota Medan sudah mau bekerja sama dengan kita. Inilah basis kita untuk bicara dengan off taker seperti Indofood, dalam menjamin atau menampung hasil produksi pertanian Kita,” kata bupati mengakhiri(Red-SP.ID/CS)