Pemkab Dairi Bekali Para Petenun Silalahi Pelayanan Komunikasi Publik -->
AYO IKUTI PROTOKOL KESEHATAN - CEGAH PENYEBARAN COVID-19 DIMULAI DARI DIRI KITA SENDIRI

Iklan

Pemkab Dairi Bekali Para Petenun Silalahi Pelayanan Komunikasi Publik

Saturday, October 29, 2022

Silalahi/Dairi-sumutpos.id: Pemerintah Kabupaten Dairi melalui Dinas Perindustrian Perdagangan, Koperasi dan UMKM kembali mengadakan pelatihan kepada para petenun ulos Silahisabungan pada Jumat (28/10/2022).


Diadakan di Hotel Martabe, Desa Silalahi, Kecamatan Silahisabungan, pelatihan yang diberikan adalah pelatihan pelayanan komunikasi publik dalam mendukung pariwisata dengan menghadirkan narasumber, yakni dari Estubizi Network Sapto Priantomo.


Ketua Dekranasda Kabupaten Dairi Ny Romy Mariani Eddy Berutu berkesempatan hadir untuk memberikan semangat dan motivasi kepada para peserta.


Romy Mariani mengatakan pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan promosi wisata Silahisabungan, bagaimana melayani para wisatawan melalui komunikasi publik, sehingga ini adalah suatu pelajaran yang sangat berharga.


Romy Mariani mengutarakan, ke depan Silahisabungan tentu akan ramai dikunjungi wisatawan mengingat Pemkab Dairi mulai akan membangun berbagai fasilitas diantaranya pembangunan sentra tenun ulos. Ia juga menyampaikan bahwa sangat bangga memakai hasil karya petenun silahisabungan yang saat ini sudah dikenal oleh masyarakat luas.


“Kita yang promosikan pertama, peminat sudah banyak, jika hasil produksi kita tidak banyak, maka daerah lain yang akan mengambil peluang usaha tersebut. Tenun silahisabungan terkenal dengan echo fashionnya karena ditenun menggunakan pewarna alami. Petenun harus bangga akan hal tersebut sehingga harus dilestarikan dan dikembangkan,” ucapnya.

Selain itu, Dekranas Dairi juga fokus untuk melakukan regenerasi kepada para petenun ulos sehingga tenun silalahi tetap lestari dan dapat semakin dikembangkan. Untuk bisa menghasilkan secara ekonomi, para petenun harus mampu membuat kreasi secara fashion mengingat para petenun juga sudah dibekali pelatihan tentang tenun ulos oleh Pemerintah Kabupaten Dairi.


Dalam kegiatan ini, Sapto Priantomo sebagai narasumber memberikan satu buah laptop kepada peserta pelatihan, yaitu Mona dikarenakan peserta tersebut memiliki bakat dalam bidang komunikasi publik seperti pembuatan video. Pelatihan tersebut telah berlangsung mulai dari tanggal 27 Oktober dan akan berakhir pada tanggal 29 Oktober 2022.


Turut hadir dalam pelatihan tersebut Kepala Bidang Perindustrian Debby Panjaitan. (Red-SP.ID/CS)