Legenda "Tagandera".Mampu Membius Pengunjung Malam pesta Njuah Njuah Di Dairi. -->
AYO IKUTI PROTOKOL KESEHATAN - CEGAH PENYEBARAN COVID-19 DIMULAI DARI DIRI KITA SENDIRI

Iklan

Legenda "Tagandera".Mampu Membius Pengunjung Malam pesta Njuah Njuah Di Dairi.

Sunday, October 16, 2022



Dairi,sumutpos.id:Legenda Tagandera yang ditampilkan secara apik oleh Dinas Pariwisata pemuda dan olahraga dengan koreografer Agung Prabowo dapat membius pengunjung pesta njuah njuah. Kamis 13 /10/2022 di Gedung Nasional Djauli Manik.


Kisah ini diangkat dari cerita rakyat yang melegenda, dimana seekor kera meminang seorang putri bungsu raja "Nantampuk emas".namun  sang ayah tidak begitu saja setuju dengan trik jahat nya ingin menghancurkan hubungan sitagandera(kera) dengan putrinya,hingga membuat tagandera tewas.



Walaupun demikian dengan cinta yang tulus ,nantampuk emas berihtiar 7 hari 7malam berdoa untuk memohon kepada yang maha kuasa agar  menghidupkan si Tagandera.Karna ketulusannya sitagandera hidup kembali.


Mereka berdua hidup bahagia dan meninggalkan hutan untuk hidup di perkampungan, dan si tagandera menjadi pertakki atau memimpin kampung itu .


Bupati Dairi Eddy kelleng ate Berutu yang di dampingi ibu PKK Romy Mariani Simarmata menyaksikan dengan penuh hikmah dari awal cerita hingga berakhir.



Beliau sangat mengapresiasi anak anak Dairi yang berbakat seperti ini,"hebat anak Dairi sudah mampu membuat panggung spektakuler hingga membius pengunjung,bahkan membuat mewek saat adegan sedih,"ucap Bupati 


Cerita Tagandera yang peran utamanya sang koreografer Agung prabowo sebagai kera dan feny manurung sebagai Nantampuk emas sudah berhasil tampil spektakuler  ,the Best anak Dairi.(Red-SP.ID/CS)