Bupati Dairi: Pelayanan kependudukan Sampai ke Desa-Desa Harus Terus Dilakukan -->
AYO IKUTI PROTOKOL KESEHATAN - CEGAH PENYEBARAN COVID-19 DIMULAI DARI DIRI KITA SENDIRI

Iklan

Bupati Dairi: Pelayanan kependudukan Sampai ke Desa-Desa Harus Terus Dilakukan

Thursday, September 15, 2022

Dairi-sumutpos.id :Pelayanan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcatpil) Kabupaten Dairi, Istimewa. Demikian apresiasi yang disampaikan oleh Bupati dairi Dr Eddy Keleng Ate Berutu saat melakukan kunjungan dan rapat kerja bersama seluruh personil Disdukcatpil ini, Rabu (14/09/2022) di Kantor Disdukcapil Dairi yang didampingi Kadisdisdukcatpil, Dedy Situmorang, Kepala Bappeda, Charles Bancin, dan diikuti seluruh pegawai, staf dan para Tenaga Harian Lepas.

“Hingga saat ini, kinerja dan pelayanan dinas ini masih yang terdepan. Secara umum target yang kita tetapkan sudah bagus,” ujarnya.

Apresiasi ini kata Bupati menjelaskan, didasarkan pada respon kepuasaan masyarakat atas pelayanannya selama ini.

“Saya juga memperhatikan kinerja dinas ini. Respon kepuasan masyarakat sangat baik. Kepemimpinan yang bagus, ditambah tim yang solid menjadi modal kuat dalam mencapai hal tersebut. Jadi tak banyak yang saya pesankan, tingkatkan saja pelayanan agar kita terus maju,” ujar Bupati.

Diakhir pertemuan, Bupati berpesan kepada Organisasi Perangkat Daerah (OPD) lain untuk memacu diri mengadopsi inisiatif yang sudah dilakukan Disdukcatpil disesuaikan dengan keperluan dinas terkait agar tugas pelayanan kita tercapai.

“Ada beberapa inovasi baru di dinas ini. Progres pengurusan adminduk bisa kita pantau secara real time. Ini masukan buat dinas lain untuk mengadopsi hal baik disesuaikan dengan keperluannya. Sekali lagi Disdukcatpil istimewa,” pungkas Bupati.

Sebelumnya dalam paparannya, Kepala disdukcatpil, Dedy Situmorang menyampaikan capaian-capaian yang sudah dilakukan bersama personilnya sejak menjabat sebagai kepala dinas. Ia menyampaikan sebagai dinas tipe A, Disdukcatpil sudah melakukan tugas dan fungsinya dalam urusan pemerintahan non pelayanan dasar bidang administrasi kependudukan dan pencatatan sipil, selain melaksanakan tugas & fungsi urusan pemerintahan bidang pelayanan Pendaftaran Penduduk, Pelayanan Pencatatan Sipil, Pengelolaan Informasi Administrasi Kependudukan dan Pemanfaatan Data dan Inovasi Pelayanan.
Dijelaskan juga, hasil survey kepuasan masyarakat berdasarkan aplikasi Simparas, index kepuasan masyarakat mencapai angka 89,04 dengan pelayanan yang diberikan Kartu Keluarga, KTP-el, KIA, SKPWNI, Akta Kelahiran, Akta Kematian, Akta Perkawinan, dan Akta perceraian

“Pelayanan door to door akan secara berkesinambungan kita lakukan, mulai dari melakukan kunjungan ke desa-desa, pelayanan Jempol di rumah ibadah dimana per 9 September sudah 74 pasangan menerima layanan adminduk. Saya kira, kami akan selalu dengan semangat mewujudkan misi ke 4 merealisasikan dengan komitmen tinggi prinsip penyelenggaran Good Governance dan Clean Government dalam praktik pemerintahan daerah,” kata Deddy mengakhiri.(Red-SP.ID/CS)