Sosialisasikan Tanam Dua Kali, Panen Dua Kali Himbau Bupati Toba Kepada ASN -->
AYO IKUTI PROTOKOL KESEHATAN - CEGAH PENYEBARAN COVID-19 DIMULAI DARI DIRI KITA SENDIRI

Iklan

Sosialisasikan Tanam Dua Kali, Panen Dua Kali Himbau Bupati Toba Kepada ASN

Monday, August 8, 2022

(image/gambar): Bupati Toba Ir. Poltak Sitorus pada apel gabungan memberi arahan kepada ASN agar ikut mensosialisasikan tanam 2 kali dan panen 2 kali. Senin (8/8) di halaman Kantor Bupati

Balige-Sumutpos.id:Bupati Toba, Poltak Sitorus menghimbau supaya Aparatur Sipil Negara (ASN)  ikut bergerak mensosialisasikan tanam dua kali, panen dua kali  ke masyarakat petani  di wilayah Kabupten Toba ini.

Hal ini disampaikan Bupati Ir. Poltak Sitorus didampingi Wakil Bupati Tonny Simanjuntak dalam bimbingan dan arahannya pada apel gabungan di halaman Kantor Bupati Toba, Senin (8/8/22).

Menurut Poltak Sitorus gerakan tanam dua kali panen dua kali  yang disebut dengan Indeks Pertanaman (IP2) ini bukan hanya padi dilanjut padi, tetapi bisa padi-jagung, padi-membuat kolam ikan , sesuai kondisi lahan masing-masing.
Kondisi IP2 di Kabupaten Toba masih di angka 1,22 .
Ia memberikan motivasi, contoh di daerah Boyolali, Provinsi Jawa Timur yang sudah berhasil menerapkan hingga 3 kali panen. Di sana, kekurangan pupuk disiasati dengan pupuk organik hasil olahan dari ribuan ternak 

Ini bisa kita buat di daerah Toba, melalui ASN memberikan dorongan dan pemahaman, bisa dilakukan sosialisasi seusai mengikuti ibadah di gereja atau bagi umat muslim di masjid.

Tujuannya untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat petani dan tidak ada eksploitasi tanah ,"kata Bupati Poltak Sitorus.

Kemudian , Bupati Poltak Sitorus juga mengajak semua ASN agar menjadi contoh untuk menjaga kebersihan lingkungan masing-masing. 
Hal ini sejalan dengan mendukung daerah ini sebagai salah satu kawasan pariwisata.
Pada bagian terakhir bimbingan dan arahannya, Bupati mengajak para ASN. apalagi yang memiliki anak yang bersekolah di SMP supaya mendukung peningkatan sumber daya manusia bidang pendidikan.

Di daerah kita ada dua  sekolah unggulan yaitu SMA Unggul Del dan SMA TB Yayasan Soposurung.Tahun ini, mari kita dorong dan dukung agar target 50 kursi diperoleh di kedua sekolah unggulan tersebut, katanya mengakhi. (Red-SP.ID/DS)