KPU Dairi Verifikasi Administrasi Partai Politik Calon Peserta Pemilu 2024 -->
AYO IKUTI PROTOKOL KESEHATAN - CEGAH PENYEBARAN COVID-19 DIMULAI DARI DIRI KITA SENDIRI

Iklan

KPU Dairi Verifikasi Administrasi Partai Politik Calon Peserta Pemilu 2024

Friday, August 26, 2022

Sidikalang-sumutpos.id :Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Dairi saat ini sedang melakukan beberapa tahapan Pemilu Tahun 2024. Demikian disampaikan Ketua KPU Kabupaten Dairi, Freddy Sinaga melalui Divisi Teknis Penyelenggaraan, Asih Firmansyah Solin, Selasa (23/8/2022) diruang kerjanya.

Disampaikan Asih, pendaftaran seluruh Partai Politik calon peserta Pemilu melalui Sistem Informasi Partai Politik (Sipol) yang terhubung langsung dengan KPURI. Sipol ini diketahui memudahkan proses pendaftaran dan verifikasi partai politik untuk mengikuti Pemilu 2024. Seluruh dokumen menjadi syarat Partai Politik menjadi peserta pemilu disampaikan parpol kepada KPU melalui Sipol.
“Semua Partai mendaftar terpusat di KPU RI dimana dokumen dan persyaratannya di upload melalui Sipol dan tahapannya saat ini kita sedang melakukan verifikasi administrasi melalui Sipol juga sesuai dengan tahapan yang sudah diberikan oleh KPU RI. Kita ketahui melalui info pemilu bahwa yang memiliki akun Sipol sebanyak 43 partai dan yang melakukan pendaftaran sebanyak 40 partai, namun yang diterima dan dinyatakan lengkap 24 partai politik,” Ujarnya.

Selanjutnya, Asih menyampaikan pengumuman pendaftaran sudah dimulai sejak Sabtu-Minggu (29-31/7/2022) lalu dan pendaftaran dibuka sejak Selasa-Minggu (1-14/8/2022), serta verifikasi administrasi dilakukan Selasa-Senin (16-29/8/2022).

“Saat ini masih dalam tahapan verifikasi administrasi, selanjutnya ada verifikasi administrasi perbaikan, kemudian partai diluar Parlemen Threshold kita akan lakukan verifikasi secara faktual bagi partai yg lolos verifikasi administrasi,” tuturnya.(Red-SP.ID/CS)