Bupati Nias Resmikan Kampung Pancasila Desa Tetehosi Kecamatan Idanogawo -->
AYO IKUTI PROTOKOL KESEHATAN - CEGAH PENYEBARAN COVID-19 DIMULAI DARI DIRI KITA SENDIRI

Iklan

Bupati Nias Resmikan Kampung Pancasila Desa Tetehosi Kecamatan Idanogawo

Sabtu, 13 Agustus 2022

Nias - Sumutpos.id : Dalam perjalanannya menuju lokasi kegiatan Peresmian Kampung Pancasila di Kecamatan Idanogawo, terlebih dahulu Bupati Nias Yaatulo Gulo, S.E., S.H., M.Si dan rombongan bagikan bendera merah putih untuk masyarakat di Pasar Pekan Sogaeadu dalam rangka memeriahkan Hari Ulang Tahun ke-77 Kemerdekaan Republik Indonesia Tahun 2022.

“kegiatan ini merupakan kegiatan pembagian sejuta bendera yang bertujuan untuk membangkitkan dan kembali mengobarkan semangat kemerdekaan dalam kehidupan bermasyarakat” ucap Bupati Nias. Kamis (11/08/2022) 



Selanjutnya, Bupati Nias melanjutkan kegiatan untuk meresmikan Kampung Pancasila di Kecamatan Idanogawo, bertempat di Kantor Desa Tetehosi, Kecamatan Idanogawo. Sebelum mengikuti acara tersebut, Bupati Nias terlebih dahulu meninjau kegiatan Lomba Melukis Tingkat SD di Gedung Serba Guna Kecamatan Idanogawo yang bertemakan Kampung Pancasila sekaligus bertujuan untuk menyemarakkan HUT KEMRI ke-77.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Bupati Nias, Forkopimda Kabupaten Nias, Dandim 0213 Nias, Kapolsek Idanogawo, Kaban Kesbangpol Kabupaten Nias, Camat Idanogawo, Kepala UPTD Puskesmas Kec. Idanogawo, Kepala Desa Idanogawo, Ketua BPD se-Kecamatan Idanogawo, Tokoh Masyarakat se-Kecamatan Idanogawo, Pimpinan Ormas Kemasyarakatan/Kepemudaan se-Kecamatan Idanogawo, dan Seluruh Hadirin.

Kegiatan ini diawali dengan laporan ketua tim yang disampaikan oleh Danramil 03 Idanogawo, Letda Inf Maulana Yahya mengatakan bahwa maksud dan tujuan dari pembentukan kampung pancasila ini adalah untuk menjaga keutuhan ideologi Pancasila di tengah-tengah masyarakat.

“dengan adanya kampung Pancasila ini diharapkan agar pengamalan nilai-nilai Pancasila dapat diterapkan, menjadikan masyrakat hidup dalam kerukunan dan juga menjadi lebih kreatif dan inovatif” ujar Maulana Yahya

Bupati Nias Yaatulo Gulo, S.E., S.H., M.Si dalam sambutannya mengatakan bahwa Pancasila adalah dasar negara, dan merupakan harga mati yang tidak tergantikan.

“agar dalam kehidupan berbangsa dan bernegara tidak mudah terpecah belah oleh intoleransi, maka desa/kampung didorong untuk menjadi kampung Pancasila sebagaimana yang kita resmikan hari ini” jelas Bupati Nias


Perlu kita ketahui Bersama bahwa pembentukan kampung pancasila ini bermanfaat sebagai media pembelajaran pancasila bagi segenap warga masyarakat, semakin menumbuhkan kerukunan hidup antar masyarakat yang majemuk, menanamkan nilai-nilai kebhinekaan dan pancasila, menghargai jasa-jasa para pemimpin bangsa yang telah berhasil menggali dan merumuskan pancasila sebagai dasar negara.

“diharapkan dengan program yang dilaksanakan dalam kampung pancasila ini dapat membentuk kepribadian yang unggul, menghasilkan kecerdasan spiritual, emosional dan intelektual, menjadikan masyarakat yang toleran, menerapkan musyawarah dan mufakat dalam mengambil keputusan” harap Bupati Nias

Kondisi masyarakat Kabupaten Nias yang sangat beragam dari sisi suku, agama dan budaya dapat menjadi alat pemersatu untuk Bersama-sama berperanaktif dalam pembangunan di Kabupaten Nias pada umumnya dan secara khusus di wilayah kecamatan Idanogawo sebagaimana visi pemerintah Kabupaten Nias, yakni “Kabupaten Nias Maju”

Mengakhiri sambutannya, Bupati Nias berharap agar tetap menerapkan dan menjunjung tinggi nilai-nilai pancasila dalam bingkai kebhinekaan sehingga dapat tercipta  kehidupan yang aman, damai dan sejahtera. Maka dengan memohon berkat Tuhan Yang Maha Kuasa Kampung Pancasila di wilayah Kecamatan Idanogawo saya resmikan. (Red-SP.ID/FH)