Sahabat Berampu Pemecah Rekor Qurban di Dairi, Sapi Qurban 800 Kg. -->
AYO IKUTI PROTOKOL KESEHATAN - CEGAH PENYEBARAN COVID-19 DIMULAI DARI DIRI KITA SENDIRI

Iklan

Sahabat Berampu Pemecah Rekor Qurban di Dairi, Sapi Qurban 800 Kg.

Sunday, July 10, 2022

Dairi-sumutpos.id:Qurban adalah salah satu kewajiban umat muslim yang sudah dianggap mampu.Untuk saat ini idul adha 1443 H,atau lebih di kenal dengan ,"hari raya qurban".Banyak umat muslim yang mampu berlomba untuk berqurban,yang dipercayai bahwa hewan qurban adalah kendaraan menuju surga atau juga mengenang pengorbanan agung Nabiullah Ibrahim AS yang rela mengorbankan anaknya  Ismail AS .Dan sekarang qurban bisa di gantikan dengan Hewan.

Kali ini liputan kita dimesjid Al Huda  Batu Kerbo Desa Sumbul Berampu.Disini terdapat 3 Hewan qurban sapi ,7 Kambing,semua hewan qurban sudah di periksa kesehatan nya dan terbebas dari virus  PMK.Masjid ini mempunyai kuota umat sekitar hampir 150 kk
Hari raya qurban hendaknya di barengi dengan hewan yang sehat ,gemuk terlebih lagi bebas dari PMK(penyakit mulut dan kuku)hingga menyehatkan bagi penerima.salah satu contoh Bung Sahabat Berampu ,saya sangat terkagum bahkan bukan hanya saya semua orang yang lihat  dengan hewan yang akan di qurbankannya.Sehat gemuk dan sungguh tak disangka saat red.sp.id. bertanya,lembu apakah ini,kok besar sekali?Bung Sahabat menjawab ,"ini lembu Simetal beratnya 780 sampai 800 kg kemarin. ,"jawabnya.Diperkirakan panjang lembu kurang lebih 2 meter,"tambahnya.

Dalam keterangannya sebagai dokter hewan,beliau menjual hewan Qurban yang telah diseleksi bebas dari penyakit ternak ,apalagi PMK.

Saya rasa Bung Sahabat Berampu pemecah rekor di Dairi atas hewan ternak yang akan di Qurbankanya kali ke 4 ini.sebab berat diatas rata rata sehat pula,sehingga penerima akan lebih puas atas bagian yang diterima nantinya.
Sebagai mana ajaran agama islam,qurban lembu dapat memenuhi kuota atas nama 7 kepala.saat ini sahabat berampu akan qurban untuk dirinya dan istrinya Sriwahyuni matanari,almarhum ayah dan ibu beliau Jamidun Berampu dan Mariam br lingga,ayah mertua dan ibu P.Matanari dan R br.saragih,serta Anggun Aulia Rahmi br. berampu putri sulung beliau.

Lembu kedua Tandangan sinaga dan kedua orgtua,dan kedua mertuanya,serta putranya.
Lembu ketiga Alm.Monang Bako,heppy Manik, almarhum Brani bako,almarhum Timah Saraan,sawadim Manik,elpina tindakan,Maria bako.

Kambing Alm.Shahnan angkat,Alm.Nursaeda Banurea,Ronauli matanari,Abdullah siketang,Juniati Angkat,Hadiah asyifah harahap,Kasirah br.pasi.

Harapan beliau yang seorang pengamat pembangunan juga pengusaha hewan ternak dan daging yang dibekali sebagai seorang dokter hewan ,"berharap pada masyarakat Dairi agar bijak memilih hewan ternak,baik untuk dikomsumsi terlebih untuk qurban sebagai catatan amal kita. Beliau ingin kesehatan ternak ternak yang ada disekitar nya agar terjamin kesehatan dan bebas PMK.
"Disamping penerima qurban sehat niat paling utama buat Bung Sahabat adalah barakallah,berqurban selagi bisa,karna harta yang kekal adalah bekal akhirat ,"jawabnya .Harapan Sahabat agar tahun depan lebih banyak lagi yang berqurban.

Acara qurban saat ini di dampingi pengawalan oleh Bhabinkamtibmas JM Simbolon,dan Kapolsek Silima Pungga Pungga HP Purba.(Red-SP.ID/CS)