Karang Taruna Dairi Baru-Baru Ini Melantik Karang Taruna Desa Mangan Moli Tanah Pinem -->
AYO IKUTI PROTOKOL KESEHATAN - CEGAH PENYEBARAN COVID-19 DIMULAI DARI DIRI KITA SENDIRI

Iklan

Karang Taruna Dairi Baru-Baru Ini Melantik Karang Taruna Desa Mangan Moli Tanah Pinem

Tuesday, July 5, 2022

Dairi-Sumutpos.id:Pelantikan Karang Taruna dan Kerja Tahun Gendang Guro – Guro Aron Desa Mangan Molih, Kecamatan Tanah Pinem, Kabupaten Dairi, dilaksanakan selama 2 hari mulai tanggal 1 sampai 2 Juli.

Acara hari itu, diawali dengan pelantikan Pengurus Karang Taruna Desa Mangan Molih di Jambur Desa Mangan Molih.
Kemudian, dilanjutkan dengan jamuan makan malam kerja tahun di rumah Kepala Desa Mangan Molih, Bapak Raskami Ginting yang dihadiri juga Kepala Desa Alur Subur, Muhammad Amin Pinem.

Memeriahkan acara, malam itu dilanjutkan dengan gendang kehamaten untuk Pemuda Merga Silima Kabupaten Dairi juga Kepala Desa, Simantek Kuta dan BPD Desa.
Dalam acara ini turut hadir Ketua DPD PMS Kabupaten Dairi, Robert Ginting. Beliau banyak mengucapkan terimakasih kepada Ketua Karang Taruna Kabupaten Dairi, Jhetun Tampoe Bolon dan Ketua Karang Taruna Kecamatan Tanah Pinem, Bonitra Sinulingga yang turut membantu PMS dalam menjaga dan mengembangkan adat budaya Karo melalui peran aktif karang taruna untuk menyelenggarakan Kerja Tahun dan Gendang Guro Guro Aron.

Simanteki Kuta dan tokoh tokoh adat budaya di Desa Mangan Molih yang bersatu untuk konsisten melakukan kerja Tahun/ Gendang Guro – Guro Aron guna perkuat  pelestarian adat budaya Karo.

Saat ditemui red Sumutpos,selasa 5/7/2022 ketua Karang Taruna Jetun Tampubolon berharap "kepada semua anggota dan pengurus Karang taruna agar senantiasa berpihak kepada masyarakat baik dalam suka maupun duka,sangatlah sulit untuk mempertahankan organisasi untuk maju,apalagi organisasi yang naik daun semakin tinggi semakin kuat terjangan angin,"paparnya.Jadi harus kuat dan mampu mempertahankan organisasi.
Sejauh ini 10 dari 15 Kecamatan di Dairi sudah mendapat didikan dan arahan dari Ketua Karang taruna jethun Tampubolon.yang sudah di kukuh kan.

"Karang taruna adalah  bahagian dari pemerintahan, maka tugas dan tanggung jawab kita yaitu membangun desa dan kabupaten untuk maju ,bersatu ,dan berdaulat , laksanakan dengan kedamaian untuk mencapai pembangunan yang hakiki baik mental,rohani,adat,seni budaya terlebih pembangunan pisik desa itu sendiri,"tambahnya.

“Selamat kepada Karang Taruna Mangan Molih, selamat juga atas terselenggaranya Gedang Guro – Guro Aron. Ini ada lah langkah awal bagi kita semua untuk berkarya kedepannya”, ucapnya.
Dalam jumpa  sharing kepada Redaksi Sumutpos, jetun juga berharap
kepada semua masyarakat agar mengikuti  organisasi untuk hal yang positif, pemuda pemudi Karang taruna harus bisa menerapkan sifat gotong royong, untuk kegiatan kegiatan kebersihan, kerohanian, sosial,bukan hanya seni dan budaya.

Kerja dan karya nyata adalah tujuan didikan Karang  taruna, untuk Sidikalang sendiri sudah ada tim penggiat seni dan budaya yang telah membela diri dari Karang taruna, yakni sanggar D'ethnic yang di bina lisken angkat,yang baru baru ini mendapat juara 1 di acara talent show,Dairi creatif.(Red-SP.ID/CS)