Dirut PD Pasar: Persiapan Pemindahan Pasar Komoditi Induk Sidikalang ke Sitinjo Hampir Rampung -->
AYO IKUTI PROTOKOL KESEHATAN - CEGAH PENYEBARAN COVID-19 DIMULAI DARI DIRI KITA SENDIRI

Iklan

Dirut PD Pasar: Persiapan Pemindahan Pasar Komoditi Induk Sidikalang ke Sitinjo Hampir Rampung

Thursday, July 14, 2022

Sidikalang-sumutpos.id:Untuk menata dan memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat Dairi, wacana pemindahan pasar komoditi induk Sidikalang ke pasar Sitinjo hampir rampung sekitar 90 persen.

Beberapa instansi terkait juga telah melakukan beberapa persiapan demi berjalannya rencana pemindahan ini.

Hal demikian disampaikan Direktur PD Pasar Sidikalang, Jhon Tony Sidabutar SH didampingi Kabid Humasnya Mangkur Sihaloho, Rabu (13/7/2022) di ruang kerjanya.

Disampaikan Jhon Tony, rencana pemindahan ini akan dimulai dari dari Jumat (22/7/2022) mendatang. Diakuinya, PD Pasar juga akan menyiapkan beberapa fasilitas terkait, untuk para pedagang sehingga akan membantu pedagang untuk pemindahan ini.
“Persiapan sudah hampir rampung dan kita juga sudah sepakat dengan para instansi terkait bahwa kita akan sama-sama berkomitmen untuk menyukseskan pemindahan ini,” ujarnya.

Selanjutnya, Jhon Tony menyampaikan dengan adanya pemindahan ini, pasar Sidikalang bisa lebih teratur dan tertata dengan baik serta menguntungkan masyarakat. Selain itu, setelah berjalan dengan baik harapan terbesar adalah pasar komoditi Sitinjo akan berkembang menjadi pasar lelang sehingga sangat menguntungkan masyarakat.

“Sepertinya kita ketahui pasar lelang sangat bermanfaat untuk petani, dimana petani nantinya mendapatkan kepastian pasar maupun stabilitas harga sehingga mereka pun bisa menikmati harga tertinggi sekaligus menciptakan persaingan sehat antar pedagang. Walaupun memutus rantai pasok, tapi tidak mematikan pedagang, sebab para petani ikut lelang,” katanya.
Sebagai informasi, pasar komoditi adalah suatu tempat yang menjadi pertemuan (pasar) antara permintaan dengan penawaran barang komoditas.

Pasar lelang merupakan sarana bertemunya penjual/petani produsen dan pembeli/pedagang/pabrikan secara langsung dimana pembentukan harga yang terjadi dilakukan secara transparan tanpa ada kolusi antara pelaku usaha dan tanpa tekanan dari pihak manapun.(Red-SP. ID/CS)