Bupati dan Ketua DPRD Simalungun Tinjau Giat Haroan Bolon di Kecamatan Panei dan Sidamanik -->
AYO IKUTI PROTOKOL KESEHATAN - CEGAH PENYEBARAN COVID-19 DIMULAI DARI DIRI KITA SENDIRI

Iklan

Bupati dan Ketua DPRD Simalungun Tinjau Giat Haroan Bolon di Kecamatan Panei dan Sidamanik

Friday, June 17, 2022

Image/Gambar) :  Bupati Simalungun Radiapoh H Sinaga dan Ketua DPRD Timbul Jaya Sibarani saat meninjau haroan bolon.

Simalungun - Sumutpos.id : Bupati Simalungun Radiapoh Hasiholan Sinaga bersama ketua DPRD Timbul Jaya Sibarani meninjau pelaksanaan haroan bolon (gotong royong) masyarakat dalam rangka memperbaiki jalan penghubung Kecamatan Panei dengan Kecamatan Sidamanik Kabupaten Simalungun, Sumut, Jum'at (17/6/2022).

Saat melakukan peninjauan giat haroan bolon yang dilakukan oleh masyarakat Nagori Mekar Sari, Kecamatan Panei dan masyarakat Nagori Manik Rejo, Kecamatan Sidamanik, Bupati bersama Ketua DPRD melakukan pertemuan dengan masyarakat di salah satu lahan pertanian milik masyarakat di Nagori Mekar Sari.

Dalam pertemuan itu, Bupati Simalungun menjelaskan bawah Simalungun memiliki ruas jalan sepanjang lebih kurang 1.840 Km, dan sekitar 1.032 Km dengan kondisinya sangat memprihatinkan (jalan rusak).

"Persoalan infrastruktur jalan di Simalungun ini cukup rumit, namun demi kecintaan saya kepada Simalungun saya rela seperti gosokan di kementerian di Jakarta sana, dan saya di katai Bupati Tumin, (Bupati Tukang Minta-minta), tapi demi Simalungun biar saya di katakan begitu," tandas Bupati.

Bupati mengatakan, dalam melakukan perbaikan infrastruktur jalan, Pemerintah juga memiliki keterbatasan, Pemkab Simalungun memiliki anggaran sekitar Rp 2.2 M dengan kondisi jalan rusak sekitar 1.032 Km di Simalungun.

"Anggaran ini tidak cukup untuk memperbaiki jalan di Simalungun, jadi perlu kreatifitas untuk penanganan infrastruktur di Simalungun dan patut kita berterima kasih kepada mereka yang mau mendonasikan sedikit harta nya untuk kepentingan orang banyak dalam Marharoan bolon (bergotong royong) ini," ujar Bupati.

"Jika kita duduk bersama tidak ada persoalan yang tidak selesai, dan saya berjanji di tahun 2023 jalan penghubung Kecamatan Panei Nagori Mekarsari Raya dengan Sidamanik Nagori Manik Raja akan kita anggarkan perbaikan jalan nya, tapi ini semua bisa terwujud jika bapak ibu ikut membantu pemerintah dengan taat membayar pajak," kata Bupati menambahkan.

Menurut Bupati, jika jalan penghubung ini dapat segera di perbaiki maka akan ada peningkatan ekonomi masyarakat di wilayah ini. "Tentu ada peningkatan produksi pertani di dua kecamatan ini, juga efisien waktu untuk masyarakat ketika melakukan mobilisasi kegiatan nya," pungkas Bupati.

Sebelumnya, Ketua DPRD Simalungun Timbul Jaya sibarani menyampaikan apresiasi atas apa yang di lakukan masyarakat Mekarsari dan Manik Raja.

"Kita akan berjuang atas apa yang di lakukan masyarakat Mekarsari dan Manik Raja, semoga ini bisa menjadi perhatian Pemerintah," kata Timbul.

Usai melakukan pertemuan, selanjutnya Bupati, Ketua DPRD yang juga di dampingi Kadis PU Hotbinson Damanik dan Plt Kadis Kominfo SML Simangunsong, Camat Panei Ronald A Saragih, Pangulu Mekar Sari Juni Hartono dan Pangulu Manik Maraja Suroso bersama masyarakat dari kedua nagori santap siang bersama di tengah ladang.

Kemudian Bupati bersama rombongan melakukan konvoi melintasi jalan dengan kondisi rusak yang menghubungkan dua Kecamatan sejauh 5 km untuk meninjau langsung kondisi jalan yang akan di perbaiki.(Red-SP.ID/FIS)