Relawan Sobat GAN'PRAN Bergotong - Royong Bersama Camat Medan Deli Bersihkan Sampah -->
AYO IKUTI PROTOKOL KESEHATAN - CEGAH PENYEBARAN COVID-19 DIMULAI DARI DIRI KITA SENDIRI

Iklan

Relawan Sobat GAN'PRAN Bergotong - Royong Bersama Camat Medan Deli Bersihkan Sampah

Wednesday, May 25, 2022


Medan-Sumutpos.id:Relawan Sobat GAN'PRAN (Ganjar Pranowo) Sumatera Utara bersama Pemko Medan dalam hal ini Muspika Kecamatan Medan Deli dan Ratusan anggota Relawan bergotong-royong membersihkan Aliran Sungai Deli di Kecamatan Medan Deli, Kotamadya Medan, pada Rabu (25/5/2022) untuk mengantisipasi banjir dan banyaknya sampah.
Selain mengantisipasi banjir, bersih-bersih sungai sekaligus mengedukasi warga agar tidak membuang sampah ke aliran sungai dan memahami betul akan dampak dari lingkungan sekitar. Relawan Sobat GAN'PRAN Sumut dan Camat Medan Deli Feri Suhery, S.Sos serta para perangkat lurah dan Kepling bersama warga bahu membahu membersihkan sampah maupun tanaman liar yang menghambat aliran sungai menggunakan alat sederhana, seperti sabit dan cangkul.
Pembersihan dilakukan dengan menyusuri aliran sungai Deli sepanjang 3 kilometer sampai ke ke jembatan layang Kel. Titipapan di Jl.Platina Raya, Kec.Medan Deli. Ketua Umum Sobat GAN'PRAN Sumatera Utara Hadi Suriyadi, mengatakan bersih sungai ini merupakan rangkaian kegiatan sosial kesehatan masyarakat khususnya bagi warga yang ada tinggal di bantaran sungai Deli dengan masih juga ditemukan bangunan baru secara masif dan tanpa tau aspek dampak terhadap lingkungannya.
Kegiatan bersih sungai dilakukan disaat musim penghujan untuk mengantisipasi banjir dan tumpukan sampah yang bisa membawa wabah penyakit. “Giat bersih ini sebagai upaya pencegahan potensi luapan air sungai saat musim penghujan", katanya di sela-sela kegiatan.

Saat penghujan, katanya, aliran sungai sering kali membawa material sampah sehingga menimbulkan sumbatan di sejumlah titik lokasi. Sampah itu mengakibatkan aliran air sungai tidak lancar sehingga air sungai rawan meluap.
Hasil penyusuran sungai, tutur dia, banyak sampah, seperti plastik, bambu, dan batang pohon terbawa arus air sungai. Sampah-sampah itu harus dibersihkan untuk mengantisipasi potensi luapan yang disebabkan oleh sampah.

Kegiatan bersih sungai juga bagian dari upaya mengedukasi masyarakat untuk menjaga kebersihan sungai.
Sedikitnya Orang yang tergabung dalam Relawan Sobat GAN'PRAN (Ganjar Pranowo) Sumut Bersama MUSPIKA Kecamatan Medan Deli dan warga masyarakat bantaran sungai Deli sangat mengapresiasi kegiatan bersih sungai yang telah di Programkan sebelumnya Oleh Wali Kota Medan BOBBY AFIF NASUTION dan Wakil Wali Kota Medan AULIA RACHMAN yang diketahui tempat tinggalnya tidak jauh dari lokasi kegiatan.

Lanjut Sekjen Agus Prayetno mengajak kepada seluruh elemen warga masyarakat agar tetap selalu menjaga kebersihan aspek lingkungan, termasuk aliran sungai dan melakukan pembersihan bangunan yang masif dari pinggir sungai Deli. Bukan hanya sampah dari masyarakat sekitar, tetapi juga sampah yang dibuang para pengguna jalan ke aliran sungai dinilai sangat buruk oleh jajaran MUSPIKA Kecamatan Medan Deli dan Para Relawan Sobat GAN'PRAN Provinsi Sumatera Utara yang turut serta dalam kegiatan tersebut.(Red-SP. ID/MYT)