Dandim 0213/Nias Buka Secara Resmi Kelurahan Pasar Lahewa Menjadi Kampung Pancasila -->
AYO IKUTI PROTOKOL KESEHATAN - CEGAH PENYEBARAN COVID-19 DIMULAI DARI DIRI KITA SENDIRI

Iklan

Dandim 0213/Nias Buka Secara Resmi Kelurahan Pasar Lahewa Menjadi Kampung Pancasila

Saturday, March 12, 2022



(Image/gambar): Dandim 0213/Nias buka secara resmi Kampung Pancasila 

Nias Utara - Sumutpos.id : Dandim 0213/Nias buka secara resmi Kampung Pancasila bertempat di Kelurahan Pasar Lahewa, Kecamatan Lahewa, Kabupaten Nias Utara dihadiri oleh Kapolres Nias, Wakil Bupati Nias Utara, Mewakili Danlanal Nias, Pabung Kodim Nias, Dansub Den POM ½-5 Nias, Kepala UPP Kelas III Lahewa, Asisten I Kab. Nias Utara, Camat Lahewa, Kapolsek Lahewa, Para Danramil, Lurah Pasar Lahewa, Para Tokoh Agama, Masyarakat, Adat dan Pemuda serta para pelajar tingkat SMP sederajat dan SMA sederajat, yang diawali dengan pemotongan pita di pintu masuk gapura pasar kelurahan Lahewa, Jum’at (11/03/2022).

Dandim 0213/Nias Letkol Inf Martky Jaya Perangin angin dalam sambutanya menyampaikan rasa sukur atas acara pembentukan Kampung Pancasila dalam keadaan sehat wa’alfiat. 

Indonesia merupakan salah satu contoh masyarakat yang multikultural bukan hanya kerena keanekaragaman suku, budaya, bahasa dan ras tapi juga dalam hal agama yang semuanya itu menjadi satu di dalam NKRI. Indonesia adalah bangsa yang besar dengan segala kebhinekaannya namun semua itu dapat disatukan di dalam Pancasila sebagai ideologi bangsa. Cobaan dan tantangan setiap negara pasti ada seperti saat ini, kita masih terus dihantui oleh aksi terorisme dan radikalisme.

“Dalam menghadapi tantangan ini kepada kita semua agar selalu meningkatkan dan menguatkan nilai nilai pancasila yang menyatukan Indonesia dari sabang sampai merauke. Indonesia memiliki jati diri dan itu harus dipelihara dan ditingkatkan, jangan sampai dilemahkan nilai-nilai pancasila yang menampung perbedaan dan keanekaragaman yang dimiliki bangsa Indonesia.” ucap Dandim 0213/Nias

Lanjutnya, dengan perkembangan teknologi yang semakin canggih sekarang ini, juga merupakan tantangan tersendiri yang tidak bisa kita abaikan, banyaknya aksi provokasi dan ujaran kebencian yang terjadi di media sosial yang dapat memecah belah bangsa dan negara. Jadi semuanya itu harus terpelihara dengan baik sehingga tidak menimbulkan konflik yang bertentangan dengan nilai nilai Pancasila. Demikian juga dengan kita yang ada di kepulauan Nias, khususnya di wilayah Kabupaten Nias Utara. Kerukunan hidup masyarakat yang beraneka ragam suku atau etnis, agama, ras dan antar golongan/budaya juga harus tetap terpelihara. Maksud dari arti Kampung Pancasila adalah agar masyarakat semangat dan termotivasi dalam menghayati nilai nilai luhur bangsa dan negara serta meningkatkan pengamalan Pancasila itu sendiri. Kita ini multi etnis bermacam suku dan agama namun tetap damai dan saling menghormati.

“Terbentuknya kampung pancasila ini adalah dalam rangka memelihara nilai nilai pancasila agar tumbuh dan berkembang serta dapat menjaga rasa persatuan dengan baik. Ini dapat menjadi contoh untuk desa-desa lain yang ada di wilayah Kabupaten Nias Utara khususnya dan umumnya di seluruh wilayah kepulauan Nias agar dapat melakukan atau membentuk kampung kampung pancasila berikutnya.’’ ujar Dandim 0213/Nias

Segelum mengakhiri sambutannya, Dandim 0213/Nias mengucapkan banyak terimakasih atas dukungan pemerintah dan komponen bangsa lainnya yang ada di kabupaten Nias Utara, dan semoga diberikan petunjuk serta bimbingan dalam melanjutkan pengabdian kita semua kepada bangsa dan negara.

“ Demikian sambutan saya dan apabila dalam penyampaian terdapat kata-kata yang kurang berkenan di hati dengan segala kerendahan hati, saya mohon maaf yang sebesar-besarnya, akhirnya tak lupa saya sampaikan banyak terima kasih atas perhatian kita semua, semoga Tuhan yang maha kuasa, selalu memberikan petunjuk, bimbingan dan kekuatan-Nya kepada kita dalam melanjutkan pengabdian terbaik kepada bangsa dan negara yang sangat kita cintai bersama. Sekian dan terima kasih. Assalammulaikum wr. wb, om santih santih om, namo budaya, salam sejahtera buat kita semua, Ya’ahowu ! SALAM PANCASILA. (Red-SP.ID/FH)