Pemerintah Desa Bagan Serdang Berkomitmen Dukung Penguatan UMKM Binaan YNLM -->
AYO IKUTI PROTOKOL KESEHATAN - CEGAH PENYEBARAN COVID-19 DIMULAI DARI DIRI KITA SENDIRI

Iklan

Pemerintah Desa Bagan Serdang Berkomitmen Dukung Penguatan UMKM Binaan YNLM

Thursday, December 16, 2021

(Image/Gambar) : pelatihan penguatan Kapasitas Bisnis pada UMKM binaan Yayasan Nurani Luhur Masyarakat


Bagan Serdang - Sumutpos.id : Rabu 8 Desember 2021 di Aula Kantor Desa berlangsung kegiatan pelatihan penguatan Kapasitas Bisnis pada UMKM binaan Yayasan Nurani Luhur Masyarakat (YNLM). Hadir pada kesempatan tersebut Kepala Desa Bagan Serdang, Pak Agus selaku Kordinator Ekonomi dan Pertanian YNLM, serta tim pendamping bisnis UMKM Binaan YNLM. 


Kegiatan dibuka langsung oleh Kepala Desa Bagan Serdang yang menaruh harapan besar pada kelompok UMKM yang notabene mengolah hasil laut menjadi produk olahan yang akan menjadi andalan UMKM Desa Bagan Serdang. Dalam sambutannya, Kepala Desa memberi harapan bagi UMKM dalam mengembangkan bisnisnya agar bermanfaat bagi masyarakat. 


“Dana Desa dapat diberikan pada UMKM kelompok dengan syarat kelompok tersebut harus mampu membuktikan kesuksesan dalam menjalankan bisnisnya, kalau kelompok tak jalan dan cuma mau dapat bantuan, gak akan mungkin bisa dapat dana desa” imbuh kepala desa dalam sambutan pembukanya. 


Menanggapi hal tersebut, pak Agus dari YNLM menyambut baik dan sangat senang bahwa Kepala Desa menaruh perhatian besar dalam penguatan UMKM kelompok di wilayahnya. 


“ YNLM sangat senang bahwa pihak desa menaruh perhatian pada kelompok warganya, kerja keras YNLM selama ini mendapat sokongan dari kepala desa”. Tambah pak Agus. 


(Image/Gambar) : suasana kegiatan Pelatihan UMKM di Bagan Sergai


UMKM juga diharapkan mampu membuktikan diri dengan apa yang selama ini sudah diajarkan khusus oleh tim pendamping bisnis.

Pada kesempatan tersebut terdapat 5 UMKM kelompok yang sudah dilatih dan didampingi sejak tahun 2020 mulai dari awal sekali hingga saat ini sudah memiliki produk dan instrument bisnis, baik itu kemasan, perijinan berupa NIB dan PIRT, serta pelanggan yang sudah di jalin selama 2 bulan ini melalui program CREATION YNLM. 


Pelatihan tersebut dilaksanakan hingga sore hari dengan konten penguatan kapasitas bisnis meliputi pencatatan keuangan dan upaya pencegahan korupsi pada kelompok usaha melalui administras keuangan yang baik. 


Dalam satu sesi diskusi pengembangan yang dilakukan UMKM juga menyatakan bahwa untuk mendukung komitmen Kepala Desa terkait alokasi dana desa bagi pengembangan UMKM, UMKM merasa perlu terlibat dalam pengambilan keputusan tersebut dengan cara mengikuti kegiatan Musrenbang baik di tingkat dusun maupun tingkat desa. 


Oleh karena itu Bersama tim pendamping dan YNLM kelompok UMKM desa menyusun rencana aksi selama  bulan ke depan untuk membuktikan diri sebagai kelomok bisnis yang sukses, sekaligus merealisasikan komitmen kepala desa. 


Adapun produk UMKM Bagan Serdang yang didampingi oleh YNLM menghasilkan produk berupa Kue bawang Jeruju (Mangrove), Peyek Rebon, Ikan asin, Terasi tabur dan terasi biasa. Kelompok saat ini sudah produksi rutin seminggu sekali dengan jangakauan pasar sudah sampai pada Kecamatan lain di Deli Serdang. 


Guna mendukung penjualan UMKM juga sudah mempromosikan produknya melalui marketplace yang ada dan berkembang saat ini.

“Semoga usaha ini dapat berjalan lancar berkat dukungan semua pihak, Pemerintah Desa, YNLM, Pak Abu dan Pak Mukhtar selaku tenaga pendamping, sudah saatnya kami berjalan sendiri saat ini untuk mengembangkan bisnis kelompok dan kemajuan masyarakat Desa Bagan Serdang”, imbuh salah satu peserta  menaruh harapannya pada sesi akhir pertemuan tersebut.


(Red-SP.ID/ARS)