Wawako Pematangsiantar Ikuti Rakor Forkopimda Sumut bersama Kapolri secara Virtual -->
AYO IKUTI PROTOKOL KESEHATAN - CEGAH PENYEBARAN COVID-19 DIMULAI DARI DIRI KITA SENDIRI

Iklan

Wawako Pematangsiantar Ikuti Rakor Forkopimda Sumut bersama Kapolri secara Virtual

Saturday, November 6, 2021

 

(Image/Gambar) : Wawako Pematangsiantar Togar Sitorus SE saat mengikuti rakor.

 

Pematangsiantar - Sumutpos.id : Wakil Wali Kota Pematangsiantar Togar Sitorus SE mengikuti rapat koordinasi Forkopimda Sumatra Utara bersama Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo dengan Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, dari Aula Tengku Rizal Nurdin secara virtual (zoom meeting) dari rumah dinas Gubsu, Jalan Sudirman, Medan, Sumatera Utara, Rabu (3/11/2021).

Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi selaku pimpinan rapat mengatakan bahwa, rapat koordinasi ini membahas tentang perkembangan penanganan Covid-19 di Sumatera Utara dan juga Nasional.

Target Pemerintah Provinsi Sumatera Utara (Pemprovsu) untuk mencapai vaksinasi hingga 50 persen di Sumatera Utara (Sumut) belum tercapai," kata Edy.

"November ini kami menargetkan vaksinasi mencapai lebih dari 50 persen di Sumut, dan hingga saat ini masih ada 16 Kabupaten/Kota yang cakupan vaksinasinya masih jauh dari angka itu.Adapun ke 16 daerah tersebut yakni 1. Tanjungbalai, 2. Padangsidimpuan, 3. Labuhanbatu, 4. Tapanuli Tengah, 5. Padang Lawas Utara, 6. Deli Serdang,  7. Asahan, 8. Labuhanbatu Utara, 9. Mandailing Natal, 10. Tapanuli Selatan, 11. Padang Lawas, 12. Nias Selatan, 13. Langkat, 14. Labuhan Batu Selatan, 15. Nias Barat dan 16. Nias Utara," terang Gubsu.

Pemerintah Provinsi Sumatera Utara (Pemprovsu) bersama TNI dan Polri menurut Edy Rahmayadi sudah membentuk tim pada masing-masing daerah untuk menggenjot pelaksanaan vaksinasi tersebut. Dan besok, Pangdam I/BB akan memimpin langsung vaksinasi di Nias," ujarnya.

Pada kegiatan zoom meeting tersebut, Kapolri Jenderal Pol.Listyo Sigit Prabowo mengatakan, relaksasi terhadap pembatasan kegiatan masyarakat pasca turunnya data kasus covid-19 harus disikapi dengan tetap disiplin menjalankan protokol kesehatan.

"Tidak ada alasan untuk melonggarkan kepatuhan terhadap protokol kesehatan," katanya.
Ia menjelaskan, saat ini relaksasi terhadap pembatasan kegiatan masyarakat menjadi tindak lanjut atas tren penurunan kasus covid-19.

Pembukaan tempat-tempat umum seperti pusat perbelanjaan hingga pertemuan tatap muka (PTM) terhadap anak-anak sekolah diharapkan akan berjalan baik sebagai langkah recovery akibat terdampak pandemi. "Namun saya minta kepada semua pihak, pelaksanaannya harus tetap dipantau agar tidak sampai membuat kembalinya peningkatan kasus covid-19," ungkapnya.

Lanjut Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo, mengatakan saat ini Indonesia menjadi Negara terbaik dalam penanggulangan Covid-19. Imbas dari hal ini yakni munculnya kepercayaan dunia untuk menjadikan Indonesia sebagai tuan rumah berbagai agenda Internasional seperti superbike di Mandalika, Indonesia Open 2021 hingga menjadi tuan rumah KTT G-20 tahun 2022 mendatang."Semua agenda ini menjadi perhatian karena akan dihadiri oleh kalangan masyarakat internasional," pungkasnya.

Selanjutnya Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto juga menyampaika sesuai dengan Perintah Presiden bahwa pada bulan November ini target vaksinasi harus sudah mencapai 50 persen dan pada Desember mendatang bisa 70 persen. "Sehingga, kekebalan komunal (herd community) bisa tercapai dengan harapan kita semua sudah terlindungi dan tidak terjadi keparahan bila terpapar Covid-19," ujarnya Rapat koordinasi ini membahas tindakan yang tepat agar capaian  vaksinasi di Sumut dapat segera memenuhi target tersebut.

Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto juga menjelaskan, percepatan vaksinasi sangat penting dilakukan agar potensi terjadinya gelombang ketiga Covid-19 seperti negara lain dapat diantisipasi.  "Seperti yang dialami oleh beberapa negara lain yang sampai saat ini (penanganan) gelombang ketiga Covid-19 belum selesai, semoga ini tidak terjadi di Indonesia," tambah Panglima TNI.

Ia juga meminta Forkopimda se-Sumatera Utara untuk mengawal masyarakat agar disiplin menerapkan protokol kesehatan (prokes). Menurut Panglima TNI, protokol kesehatan menjadi kunci menghalau virus Corona sembari terus mempercepat vaksinasi. "Pengendoran ini jangan sampai kita euforia, kita lupa untuk tidak menaati protokol kesehatan. Sehingga protokol kesehatan seperti menggunakan masker, mengaja jarak, mencuci tangan, tetap dilaksanakan, termasuk meningkatkan testing dan tracking,” pungkas Marsekal Hadi Tjahjanto.

Hadir pada kegiatan zoom meeting, Wakil Wali Kota Pematangsiantar, Komandan Korem 022/Pantai Timur Kolonel Inf Parlindungan Hutagalung SAP., Plh Kapolres Pematangsiantar AKBP Benny Remus Hutajulu SIK, Dandenpom 1/I Siantar, Mayor Cpm Binson Simbolon SH MH mewakili Dandim 0207/Simalungun, Asisten II Zainal Siahaan SE, Kadis Kesehatan Kota Pematangsiantar Dr.Ronald H Saragih, M.Kes, Plt.Kaban BPBD Kota Pematangsiantar Sofyan Purba, Sekretaris Dinas Perhubungan  Dra.Kartini Batu Bara, Kabag Prokopim Kota Pematangsiantar Mardiana SH. (Red-SP.ID/FIS).