*Tingkatkan Harapan Hidup Usia Lanjut,UPTD Puskesmas Bandar Siantar Gelar Senam Lansia* -->
AYO IKUTI PROTOKOL KESEHATAN - CEGAH PENYEBARAN COVID-19 DIMULAI DARI DIRI KITA SENDIRI

Pengikut


Iklan

*Tingkatkan Harapan Hidup Usia Lanjut,UPTD Puskesmas Bandar Siantar Gelar Senam Lansia*

Jumat, 14 Juni 2024







Gunung Malela,Simalungun.Sumutpos.id - Sebagai upaya untuk meningkatkan angka harapan hidup usia lanjut (usila), Puskesmas Bandar Siantar menggelar senam lansia yang di laksanakan Kantor UPTD Puskesmas Bandar Siantar Kecamatan Gunung Malela,kabupaten Simalungun.SUMUT, Jum'at (14/06/2024).


Senam lansia ini diikuti hampir ratusan peserta yang diikuti oleh para lansia dan pra lansia,juga Kader posyandu yang berada di nagori-nagori(desa-red) yang menjadi wilayah kerja Puskesmas Bandar Siantar. Yang dengan semangat mereka mengikuti setiap gerakan senam lansia yang dipandu oleh instruktur.





Kegiatan ini merupakan kegiatan rutin yang dilakukan setiap hari Jum'at.Kegiatan pokok melakukan gerakan senam lansia ini meliputi gerakan pemanasan, inti serta pendinginan. Dalam kesempatan tersebut petugas mengucapkan salam sapa, petugas mengatur barisan lansia, petugas mencatat nama-nama usia lanjut (usila) yang datang dan petugas memberikan contoh gerakan senam pada usila.


“Senam lansia bagi masyarakat usia lanjut ini bertujuan untuk menjaga tubuh dalam keadaan sehat dan aktif untuk membina dan meningkatkan kesehatan serta kebugaran kesegaran jasmani dan rohani,” kata Kepala Puskesmas Bandar Siantar ibu Sri Dewi ,S.Kep


Menurut Sri Dewi,S.Kep, usia lanjut adalah suatu fase kehidupan yang pasti akan dialami oleh semua orang yang dikaruniai usia panjang. Menjadi tua tidaklah dapat dihindari oleh siapapun, namun manusia dapat berupaya untuk menghambat kecepatan waktunya. Salah satunya dengan olahraga.


“Oleh karena itu, agar dapat tetap sehat di usia lanjut, pemeliharaan kesehatan haruslah dimulai sejak dini. Artinya aktivitas olahraga merupakan kegiatan yang berlangsung rutin dan kontiniu hingga usia lanjut. Untuk kesehatan, idealnya olahraga harus dilakukan sejak awal,” jelasnya.





Sri Dewi menjelaskan kategori untuk manusia lanjut usia (lansia) sendiri sangat bervariasi. Menurut Departemen Kesehatan, manula adalah orang yang sudah mencapai usia 60 tahun. Sementara menurut kedokteran olahraga manula sangat tergantung pada kondisi fisik individu.


“Jika dia baru berusia 50 tahun, namun secara fisik sudah renta, dia bisa dikategorikan sebagai manula Walaupun masih ada lansia yang tinggal bersama pihak keluarganya, kehidupan mereka tidaklah berbeda dengan para lansia yang tinggal di panti jompo. Setiap harinya hanya duduk-duduk di rumah dan menunggu anak-anak dan cucunya menyapanya,” terangnya.


Lebih lanjut Kepala Puskesmas Bandar Siantar ini menerangkan keadaan merekapun sangat memprihatinkan, terutama para lansia pria yang pada masa mudanya merupakan orang-orang yang aktif. Mereka akan mengalami apa yang disebut post-power syndrome.


“Melihat kondisi para lansia yang sangat tidak sehat membuat itulah kami melakukan suatu kegiatan yang akan menggerakkan para lansia untuk memiliki hidup yang lebih sehat, sejahtera, lebih berarti dan lebih bermanfaat bagi orang-orang di sekitarnya melalui program senam untuk lajut usia,” pungkasnya.





Kegiatan yang berlangsung sangat meriah dan para lansia ,ibu pra lansia,kader Posyandu nagori serta tenaga nakes sangat antusias dan penuh semangat.


Terlihat setelah senam usai ,pihak puskesmas Bandar Siantar memberikan edukasi kesehatan tentang manfaat susu bagi kesehatan,dan juga terlihat para peserta membawa buah tangan untuk dibawa pulang.Situasi

kegiatan ini dari awal sampai berakhir dalam keadaan lancar dan kondusif.


(RED-SP-ID/Dedi Sinaga)