Pj Gubernur Sumut Hassanudin : Stok Cukup dan Harga Pangan Stabil Jelang Idul Fitri 1445 Hijriyah -->
AYO IKUTI PROTOKOL KESEHATAN - CEGAH PENYEBARAN COVID-19 DIMULAI DARI DIRI KITA SENDIRI

Iklan

Pj Gubernur Sumut Hassanudin : Stok Cukup dan Harga Pangan Stabil Jelang Idul Fitri 1445 Hijriyah

Rabu, 03 April 2024





Medan, Sumutpos.id - Penjabat (Pj) Gubernur Sumatera Utara (Sumut), Mayjen TNI (Purn) Dr. Hassanudin mengatakan, sampai saat ini menjelang Hari Raya Idulfitri 1445 Hijriyah, ketersediaan bahan pangan di Sumatera Utara (Sumut) mencukupi, dan harganya relatif stabil dan terkendali.

 

Hal ini di sampaikan Pj Gubernur Sumut, Mayjen TNI (Purn) Dr. Hassanudin, usai mengikuti Apel Siaga Hari Besar Keagamaan Nasional (HBKN) jelang Hari Raya Idulfitri 2024 Masehi, melalui Zoom Meeting dari Halaman Kantor Dinas Dinas Ketahanan Pangan, Tanaman Pangan dan Hortikultura Sumatera Utara (Sumut), Jalan Abdul Haris Nasution Nomor : 6 Medan, Senin (01/04/2024).


"Hari ini, kita melaksanakan Apel Siaga Pangan bersama Bapanas, Mentan dan Mendag, secara serentak. Alhamdulilah, sampai saat ini ketersedian pangan dan harga pangan seperti beras, gula putih, minyak, telur di Sumatera Utara (Sumut) cukup stabil dan terkendali," kata Pj Gubernur Sumut, Hassanudin.


Pj Gubernur Sumut, Mayjen TNI (Purn) Dr. Hassanudin mengatakan, untuk mengantisipasi kenaikan harga pangan, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumatera Utara (Sumut) melaksanakan pasar murah di beberapa titik Kabupaten/Kota se-Sumatera Utara, di antaranya Kota Padangsidimpuan, Kabupaten Mandailing Natal, Kabupaten Batubara, Kabupaten Simalungun, Kabupaten Asahan, Kota Tanjungbalai, Kabupaten Labuhanbatu Utara, Kabupaten Labuhanbatu dan Kota Medan.






Selain itu, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumatera Utara (Sumut) juga mengaktifkan Satgas Pangan, untuk melakukan sidak pasar ke para distributor, baik pasar modern mau pun tradisional, untuk memastikan ketersedian dan tidak adanya penimbunan. Melaksanakan komunikasi dengan instansi terkait dan Kabupaten/Kota se-Sumut, dengan melakukan bisnis matching komoditas pangan, penyerahan bibit cabai dan bantuan pangan.


"Kita yakinkan semua barang-barang yang di butuhkan masyarakat tersedia dengan baik, harga juga terkendali dengan baik. Selain itu, kita sebar luaskan pelaksanaan gerakan pangan murah kepada masyarakat," katanya.


Pada kesempatan tersebut, Pj Gubernur Sumut, Hassanudin juga mengunjungi stan Gerakan Pangan Murah (GPM) yang menjual Beras SPHP kemasan 5 Kg dengan harga Rp.55.000, minyak goreng kemasan 2 liter Rp. 35.000, gula pasir Rp. 17.000/kg, telur ayam satu papan Rp.48.000, cabai merah Rp. 38.000/kg, bawang merah Rp. 36.000/kg, bawang putih Rp. 38.000/kg.

(Red-SP.ID/MYT)