TUGU TOGA SIHITE -->
AYO IKUTI PROTOKOL KESEHATAN - CEGAH PENYEBARAN COVID-19 DIMULAI DARI DIRI KITA SENDIRI

Iklan

TUGU TOGA SIHITE

Selasa, 12 Maret 2024



Humbang Hasundutan - Sumutpos.id : "Argado bonani pinasa diangka namalo mar roha." Jangan pernah melupakan sejarah karena orang yang melupakan sejarah adalah bagaikan orang yang lupa ingatan.


Fhoto dibawah ini adalah kiriman saudara salah satu marga Sihite di group WA Forkom Sihite seIndonesia bahkan sedunia. Membuat diriku terkagum - kagum, bangga dan salut.


Progres pembangunannya hampir 100% selesai. Sehingga membuat keluarga besar Toga Sihite, boru, bere, ibebere mengucap syukur yang sebesarnya pada Tuhan Sang Pencipta. Tentu tak lupa kepada para penggagas, pemberi hati, pikiran, dana dan para donatur yang tak bisa disebut satu persatu. "Mauliate godang Debata," terimakasih banyak Tuhan.


Tugu Toga Sihite, berada di Bakkara, Kecamatan Bakti Raja, Kabupaten Humbanghasundutan, Propinsi Sumatra Utara. Yang tidak jauh dengan tepian Danau Toba yang terkenal dengan asal - usul pahlawan tano Batak, pahlawan nasional "oppui" Raja Sisingamangaraja ke-XII.


Membuat suasana historisnya semakin dekat dalam hati sanubari terdalam. Sedalam kecintaan pinompar Toga Sihite pada sejarah marganya marga Sihite. "Gelleng si hapur dijujungdo baringinna," bangga sama marganya marga Sihite, "Oppui Sihite."






Sehingga Tugu Toga Sihite ini adalah bangunan yang dibuat untuk memperingati seseorang yaitu "Oppui Sihite." Sehingga para keturunan atau "pinoparna" tetap bersatu padu, saling tolong - menolong dalam kasih, walupun berbeda - beda dalam keyakinan. Kita semua saudara - saudari dalam kasih darah, "mudar" Sihite.


Semoga dengan adanya Tugu Toga Sihite ini, rasa persaudaraan sejati dalam kasih Sang Pencipta, menaungi Toga Sihite, boru, bere, ibebere dimanapun berada. Ditambahkan kesehatan, rejeki yang berlimpah dan keturunan yang semakin banyak, seperti bintang di langit dan pasir di tepi pantai.


Itulah doa dan harapan kita semua. "Dalihan Natolu," tiga tungku yang dari tengahnya memancar api cinta. Aku bangga marga Sihite, aku bangga boru, bere, ibebere Sihite. Aku bangga keturunan Sihite. Maju Dan Jayalah Selalu Toga Sihite, boru, bere, ibebere diamanapun kita berada. Amin. Salam Cintaku.

(Red-SP.ID/Julister Sihite)