PKL di RTP Pantai Bebas Parapat di Relokasi Ke Terminal Sosorsaba -->
AYO IKUTI PROTOKOL KESEHATAN - CEGAH PENYEBARAN COVID-19 DIMULAI DARI DIRI KITA SENDIRI

Iklan

PKL di RTP Pantai Bebas Parapat di Relokasi Ke Terminal Sosorsaba

Selasa, 26 Maret 2024




Parapat, sumutpos.id - Puluhan Pedagang Kaki Lima(K5) yang berjualan diseputar Ruang Terbuka Pablik ( RTP) Pantai Bebas Parapat di tertibkan oleh Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kabupaten Simalungun pada Senin(25/3-2024).


Kemudian para pedagang direlokasi ke Terminal Sosorsaba , Kecamatan Girsang Sipangan Bolon. Tujuannya agar masyarakat yang wisata di RTP Pantai Bebas bisa merasa nyaman, Bersih dan tertib. 


Asisten 1 Pemkab Simalungun Albert Saragih mengatakan, penertiban para pedagang sesuai hasil rapat forkopimda Kabupaten Simalungun. Dan solusi yang para pedagang dipindahkan ke los Terminal Sosorsaba. 


" Masyarakat pengunjung bisa dengan nyaman saat waisata di RTP Pantai Bebas Parapat. Karena RTP adalah salah satu ikon wisata Danau Toba. Sehinga perlu merasa kondisi nyaman, Bersih dan tertib, itu harapan kita bersama," ungkap Albert. 






Sementara, Kadis Perhubungan Simalungun Sabar Saragih menjelaskan, terkait penertiban pedagang K5 kemudian direlokasi ke Terminal Sosorsaba. Solusinya dinas Perhubungan melakukan rekayasa lalu lintas. Dimana setiap angkutan umum mau pun Bus Pariwisata diwajibkan masuk ke terminal Sososrsaba. 


" Rekayasa Lalu Lintas sejak hari ini sudah diberlakukan, baik itu angkutan dari Toba menuju Siantar, bahkan sebaliknya. Dan hal itu akan dilanjutkan seterusnya secara permanen, sehinga jualan para pedagang bisa laku. 


Dengan adanya metode rekayasa lalu lintas mewajibkan angkutan umum masuk ke Terminal Sosorsaba. " Sekaligus untuk mengurai kemacetan kendaraan yang terjadi selama ini di objek wisata Parapat, khusus di hari-hari besar," ujar Kadis Perhubungan Simalungun itu. 


Pantauan dilapangan, seluruh pedagang yang berjualan di jalan trotoar mau pun di dalam RTP pantai Bebas ditertibkan oleh Satpol PP Simalungun. Dengan bantuan personil Kepolisian dan TNI dari Kodim O207 Simalungun. Dan penertiban berjalan lancar tanpa perlawanan dari pedagang K5. 


Penertiban pedagang K5 dipimpin langsung oleh Asisten 1 didampingi Asisten Administrasi Umum Pemkab Simalungun Akmal Siregar, Kepala Satuan Polisi Pamong Praja Simalungun Adnadi Girsang, Kapolsek Parapat AKP Jonni Silalahi SH, Danramil 11 Parapat Kapten Inf R Pasaribu, 


Turut hadir Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata M. Fikri F Damanik, S.IP,M.Si, Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Simalungun Wasin Sinaga , Sekretaris Disperindag Eva Tambunan, Kabag Umum Marwandi Yosua Sinaga, dan Lurah Parapat Juniarli Sinaga.

(Red-SP.ID/Hery)