Penyemprotan Hama Werang di Areal Persawahan Dusun parit pompa Desa Secanggang -->
AYO IKUTI PROTOKOL KESEHATAN - CEGAH PENYEBARAN COVID-19 DIMULAI DARI DIRI KITA SENDIRI

Pengikut


Iklan

Penyemprotan Hama Werang di Areal Persawahan Dusun parit pompa Desa Secanggang

Sabtu, 30 September 2023



Langkat-Sumutpos.id:Dusun parit pompa disebut juga dusun satu, termasuk wilayah Desa Secanggang ,Kecamatan Secanggang, Kabupaten Langkat.

Letak dusun parit pompa ini diapit oleh Desa Karang gading dan Desa Selotong, mata pencaharian masyarakat dusun satu bertani ,dihuni oleh mayoritas suku jawa ,jumlah penduduknya lebih kurang 400 jiwa.

Tanaman padi yang ditanam oleh petani ,saat ini padinya di landa Hama wereng sejenis penyakit padi, yang melanda lebih kurang 5 hektar.



Kelompok tani di dusun parit pompa , melaporkan kepihak pertanian kecamatan bawha Hama Wereng telah melanda pertanian mereka, dengan cekatan pendamping pertanian Desa Secanggang, kecamatan secanggang ( Marlina ) membawa obat obatan khusus untuk Hama Wereng jenis AFLAUT ,diberikan kepada Kepala Dusun Parit pompa(Siman) secara gratis untuk dilaksanakan penyemprotan sebagai anti sipasi agar tanaman padi masyarakat parit pompa terhindar dari penyakit Hama Wereng.

Secara serentak kelompok petani beserta Kepala dusun Parit pompa Desa secanggang menyemprotkan obat Hama Wereng bersama sama pada hari jum'at, tanggal, 28 september 2023. Pukul 08.00.wib sampai pukul 11.20. wib selesai dikerjakan, dilokasi persawahan.

Menurut kepala dusun yang ditemui oleh awak media, mengatakan, jika tidak cepat penanganannya, maka warga dusun parit pompa ini akan gagal panen, untung saja Marlina  selaku pendamping PPL Desa Secanggang cepat memberikan obat hama wereng secara gratis. Tutur kepala dusun parit pompa.(Red-SP.ID/Jamal).