PDAM Tirta Lihou Simalungun Akan Bangun Infrastuktur Air Bersih di KSPN Parapat -->
AYO IKUTI PROTOKOL KESEHATAN - CEGAH PENYEBARAN COVID-19 DIMULAI DARI DIRI KITA SENDIRI

Pengikut


Iklan

PDAM Tirta Lihou Simalungun Akan Bangun Infrastuktur Air Bersih di KSPN Parapat

Rabu, 19 Juli 2023

 


Parapat, Sumutpos.id,- Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM)  Tirta Lihou Simalungun  melalui dana Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) memprogramkan pembangunan infrastruktur Air Bersih di Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) Parapat, Kecamatan Girsang Sipangan Bolon,Sumatera Utara.


Pembangunan  infrastuktur Air Bersih tersebut akan dimulai Tahun 2023 dan selesai Tahun 2024 mendatang. Dengan harapan kedepan masyarakat khusus di Kecamatan Girsang Sipangan Bolon mendapat program Air Bersih. 


Kepada media , Direksi PDAM Tirta Lihou Dodi Ridowin Mandalahi  mengakui bahwa  Kabupaten Simalungun mendapat pembangunan Infrastuktur Air Bersih dari Pemerintah Pusat.  Dan proyek sudah tender akan dikerjakan Tahun 2023 dan selesai Tahun 2024 sehingga masalah air bersih di Parapat tidak ada lagi. 


"Itu lah kerja keras dari Bupati Simalungun terkait Parapat adalah Kawasan Strategis Pariwisata Nasional. Program kementrian ada  memasukan air secara gratis kepada masyarakat  di beberapa titik  yang sudah di tentukan yang mana targetnya untuk dua ratus KK,  sedangkan pihak PDAM Tirtalihou hanya sebatas memberikan data," ucapnya.



Dikatakannya, untuk pembayaran harga air di seluruh Kabupaten Simalungun sama , sesuai Perbub Nomor 16 Tahun 2018 Tentang Petunjuk Teknis Pelaksanaan Pengelolaan Pajak Air Tanah.


"Ada N 1, N 2 , N 3 dan N 4, kalau masyarakat rata-rata N 3 dan N 4," terang Dody.


Ketika disinggung pemeliharaan Umbul Air PDAM Tirtalihou yang kerap tercemar lumpur jika hujan turun, Direksi  PDAM Tirta Lihou itu mengakui sering  terjadi pengikisan tanah di seputar umbul air.


"Makanya ada pengusulan pembangunan infrastuktur untuk mengatasi masalah air keruh atau air kurang jernih, dan diharap ke depan, seluruh masyarakat mendapatkan program air bersih. Dan terkait kualitas pipa air PDAM Tirta Lihou di Parapat sudah tua. Akan tetapi akan tetap dioptimalkan pipa air yang rusak dan  akan diganti," ucap Dody. 


Amatan di lapangan,  terkuaknya program pembangunan Infrastuktur Air Bersih ketika pihak PDAM Tirta Lihou menggelar rapat diskusi  bersama tiga Lurah dan dua Pangulu Nagori  di ruang rapat Kantor Kecamatan Girsang Sipangan Bolon pada Selasa (18/7-2023). 


Dan juga sangat disesalkan salah satu pegawai atau diduga oknum staf PDAM Tirta Lihou  melarang awak Media untuk meliput kegiatan rapat diskusi yang di pimpin oleh  Direksi PDAM Tirta Lihou Simalungun Dody Ridowin Mandalahi itu. Ada apa dengan oknum Staf ? Dan apakah tidak faham tugas para jurnalis? (Red-SP.ID/Hery)