Bangkitkan Pariwisata, PHRI Siap Bergandeng Tangan Dengan Pemkab Simalungun -->
AYO IKUTI PROTOKOL KESEHATAN - CEGAH PENYEBARAN COVID-19 DIMULAI DARI DIRI KITA SENDIRI

Iklan

Bangkitkan Pariwisata, PHRI Siap Bergandeng Tangan Dengan Pemkab Simalungun

Rabu, 10 Mei 2023



Parapat, Sumutpos Id,- Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) siap bergandeng tangan dengan Pemerintah untuk membangkitkan Pariwisata khusus di Kabupaten Simalungun. Demi peningkatan ekonomi masyarakat di objek wisata Danau Toba Simalungun. 


Hal itu disampaikan Ketua PHRI Kabupaten  Simalungun Robert Pardede didampingi beberapa pengurus dan sejumlah Oner Perhotelan disela-sela Rapat Kerja Pariwisata Simalungun 2023 di Hotel Patrajasa pada Rabu(10/5-2023). 




Kepada media, Ketua PHRI Simalungun Robert Pardede menyampaikan Rapat kerja Pariwisata Simalungun tersebut baru pertama kali terselenggara dalam beberapa tahun.


" Setelah beberapa tahun Ini merupakan momen yang terbaik pengundang SKPD terkait dengan bekerjasama dunia pengusaha yang pertama dan semoga berkelanjutan. Terutama apa yang disampaikan hasil diskusi bisa teralisasi segera. Jangan ditunggu-tunggu lagi. Ada yang mudah, sedang dan ada yang lambat dikerjakan yang penting ada regulasinya Bupati menandatanganinya. Itu bisa segera dilakukan supaya bangkit pariwisata ini. Sehinga  ekonomi pariwisata bisa berjalan dengan baik sesegera mungkin," ucap Robert. 


Mantan ASN itu juga berharap kedepan, " Untuk program berikutnya bisa teralisasi,  terutama perbaikan infrastuktur,  termasuk penerangan jalan, penataan kantong parkiran dapat di perhatikan. Sehingga apa yang dibicarakan atau di diskusikan  tidak sia-sia. Yang melibatkan Pemkab Simalungun, Provinsi Sumut,  bahkan Pemerintah pusat. Apalagi Danau Toba itu Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) yang dicanangkan oleh bapak Jokowi," ujarnya, 


Terkait Event hiburan , Kata Robert Pardede harusnya terkelender. Bukan hanya pada saat hari liburan. Bahkan bisa di promosikan melalui Instagram mau pun Fecebook. sehinga orang atau tamu yang menginap bisa tau ada kegiatan Seni, hiburan dan Budaya sesuai Bhineka Tunggal Ika. 



" Kedepan, PHRI akan melakukan Konsolidasi internal menyangkut Sumber Daya Manusianya, termasuk pekerja atau pun Karyawan hotel mendapat sertifikat, apa yang terkait aturan Pemerintah akan kita jalankan. Supaya kita tidak berbenturan.  Agar dunia juga mengakui dan memperkuat Geopark UNESCO bisa benar-benar. Apalagi akan ada peninjauan Tim  pada bulan Juli yang akan datang.  PHRI Siap secara keseluruhan, baik itu Restoran  mau pun hotel berbintang bergandengan tangan dengan Pemerintah," kata Ketua PHRI Simalungun itu. 


Amatan dilapangan, kegiatan Rapat Kerja Pariwisata Simalungun 2023 tersebut dilaksanakan selama 2 hari di Hotel Patrajasa Parapat. Yang mana kegiatan tersebut dibuka oleh Asisten 2 Ramadani Purba dan Ketua Komisi 4 DPRD Simalungun Maraden Sinaga yang dihadiri Ketua PKK Simalungun Nyonya Bupati Simalungun Radiapoh Hasiholan Sinaga dan beberapa kepala OPD selaku Nara Sumber. 



Turut hadir selaku  peserta para  Owner perhotelan, para pelaku wisata, pemandu wisata, organisasi perkapalan, Himpunan Pramuwisata Indonesia (HPI) , beberapa Camat , Lurah , Pangulu dan pelaku UMKM. 


Para peserta juga diberikan kesempatan sesi tanya jawab untuk memberikan saran dan masukan yang menyangkut memajukan pariwisata di Kabupaten Simalungun.

(RED-SP-ID/Hery)