Dinas BPMN Simalungun Gelar Sosialisasi Aplikasi SISKEUDES di Hotel Patra Parapat -->
AYO IKUTI PROTOKOL KESEHATAN - CEGAH PENYEBARAN COVID-19 DIMULAI DARI DIRI KITA SENDIRI

Iklan

Dinas BPMN Simalungun Gelar Sosialisasi Aplikasi SISKEUDES di Hotel Patra Parapat

Senin, 10 April 2023


Parapat, Sumutpos.id,- Dinas Badan Pemberdayaan Masyarakat Nagori (BPMN) Simalungun memfasilitasi Penyusunan Perencanaan Pembangunan Nagori Melalui Sosialisasi Peraturan Bupati Simalungun serta Pembagian Aplikasi SISKEUDES Versi 2.0.5 Tahun Anggaran 2023. 


Kegiatan sosialisasi SISKEUDES  tersebut diikuti peserta para Camat, Pangulu, Kaur Keuangan Nagori dan Kasi Pemberdayaan Masyarakat Nagori yang dilaksanakan di Hotel Patra  Parapat, Kecamatan Girsang Sipangan Bolon, Sumatera Utara pada Senin(10/4-3023). 

Kepala dinas BPMN Simalungun,  Sarimuda Purba didampingi Kabid Pemerintahan Nagori Lamhot Sihaloho menjelaskan, kegiatan ini difasilitasi oleh dinas BPMN Simalungun terkait untuk penyusunan APBD yang dihadiri para   Camat, Kasi PMN , Kaur Keuangan Nagori dan Pangulu. 


" Kasi PMN dan Bendahara Nagori memberikan masukan untuk keselarasan kegiatan Pendapatan Daerah tersebut dengan pengunaan Dana Desa 2023. Dan diharap para peserta ini dalam penyusunan APBDes lebih selaras dengan program dari Pemerintah melalui APBD," ucapnya, 


Dikatakannya, Kalau materi ini adalah peraturan Bupati  terkait kegiatan yang akan dilaksanakan oleh Nagori yang akan ditumpahkan ke APBDes  mereka.  



Ucapan selamat ulang tahun Sumutpos.id yang ke-3 tahun 


"Jadi beberapa APD  memberikan bantuan, ada dari Hampang, pertanian , catatan sipil dan juga tenaga kerja," paparnya.


Sarimuda kembali menyampaikan, aplikasi ini adalah untuk lebih menajamkan terkait sistem keuangan yang ada di Nagori. 


"Untuk  penanggulangan kemiskinan jelas, karena di Prioritas Dana Desa  diatur untuk pembagian BLT minimal 10%.  Demikian juga ada program ketahanan pangan.  Yang kita ambil data kemiskinan ekstrem dari Bapeda," tegas Sarimuda.


Pantauan dilapangan, kegiatan sosialisasi SISKEUDES diikuti  ratusan peserta dari perangkat Nagori, dan pihak Kecamatan. Sedangkan kegiatan sosialisasi tersebut dilaksanakan selama 4 hari sejak tanggal 5,6 , 10 dan 11 April 2023.  Juga setiap peserta diberikan kesempatan untuk sesi tanya jawab. (Red-SP.ID/Hery)


Ucapan/iklan/promosi Sumutpos.id