Bupati Nias Barat Membuka Forum Perangkat Daerah Dalam Penyusunan Ranwal RKPD Tahun 2024 -->
AYO IKUTI PROTOKOL KESEHATAN - CEGAH PENYEBARAN COVID-19 DIMULAI DARI DIRI KITA SENDIRI

Iklan

Bupati Nias Barat Membuka Forum Perangkat Daerah Dalam Penyusunan Ranwal RKPD Tahun 2024

Sabtu, 04 Maret 2023

NIAS BARAT - SUMUTPOS.ID : Bupati Nias Barat Khenoki Waruwu membuka secara resmi pelaksanaan Forum Perangkat Daerah/Lintas Perangkat Daerah dalam rangka membahas Rancangan Awal (Ranwal) Rencana Kerja (Renja) Perangkat Daerah Tahun 2024 sebagai salah satu tahapan dalam penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) di Ruang Afo Bappelitbangda, Kamis (2/3/2023).


Bupati Nias Barat mengatakan Forum Perangkat Daerah/Lintas Perangkat Daerah merupakan salah satu tahapan dalam penyusunan Renja Perangkat Daerah sebagaimana diatur pada pasal 136 Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 86 Tahun 2017 yang menyatakan bahwa pelaksanaan Forum Perangkat Daerah/ Lintas Perangkat Daerah dihadiri oleh pemangku kepentingan dalam rangka memperoleh masukan dalam penajaman target kinerja sasaran, program dan kegiatan, lokasi dan kelompok sasaran dalam rancangan Renja Perangkat Daerah.


Adapun tujuan pelaksanaan Forum Perangkat Daerah, yaitu menyelaraskan program dan kegiatan perangkat daerah Kabupaten dengan usulan program dan kegiatan hasil Musrenbang RKPD Kabupaten di Kecamatan untuk Renja Perangkat Daerah Kabupaten, mempertajam indikator serta target kinerja program dan kegiatan perangkat daerah Kabupaten sesuai dengan tugas dan fungsi perangkat daerah, menyelaraskan program dan kegiatan antar perangkat daerah Kabupaten dalam rangka optimalisasi pencapaian sasaran sesuai dengan kewenangan dan sinergitas pelaksanaan prioritas pembangunan daerah dan menyesuaikan pendanaan program untuk masing-masing perangkat daerah.


Bupati Khenoki Waruwu menekankan bahwa Forum ini sangat penting dan strategis dalam penyusunan dokumen RKPD Kabupaten Nias Barat tahun 2024 yang merupakan tahun ketiga pelaksanaan RPJMD Kabupaten Nias Barat Tahun 2021-2026.


“Arah kebijakan pembangunan pada tahun 2024 yaitu difokuskan pada upaya pengoptimalan dan mensinergikan serta mempercepat pencapaian pembangunan Kabupaten Nias Barat Yang Bersih, Unggul dan Maju,” kata Bupati Nias Barat.


Berdasarkan hal tersebut, Pemerintah Kabupaten Nias Barat mengangkat tema pembangunan yakni “Pengentasan Kemiskinan Ekstrim dan Suksesnya Pemilu/Pilkada melalui Pengoptimalan Program Peningkatan Kapasitas Ekonomi Masyarakat, Sinergitas dan Percepatan Pembangunan yang Bersih, Unggul dan Maju”.


Tema RKPD tersebut dijabarkan ke dalam prioritas pembangunan daerah yang difokuskan untuk meningkatkan kualitas pelayanan publik dan kapasitas penyelenggaraan pemerintahan daerah, meningkatkan Penerapan Inovasi Daerah, meningkatkan Kualitas Infrastruktur dasar yang berkelanjutan dan berwawasan lingkungan, peningkatan Kualitas Sumber Daya Manusia dan peningkatan ekonomi.


Bupati Nias Barat Khenoki Waruwu berharap agar tema dan prioritas pembangunan tersebut menjadi acuan bagi perangkat daerah dalam penyusunan Renja Perangkat Daerah.


“Saya harapkan kepada masing-masing Kepala Perangkat Daerah untuk saling berkoordinasi sehingga sinkronisasi program dan kegiatan antar perangkat daerah dapat mewujudkan pembangunan Kabupaten Nias Barat yang sinergi,” harap Bupati Khenoki Waruwu.


Pelaksanaan Forum Perangkat Daerah/Lintas Perangkat Daerah tersebut, selain dihadiri Bupati Nias Barat, dihadiri juga oleh Ketua DPRD Kabupaten Nias Barat Drs. Evolut Zebua, Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Setda Kabupaten Nias Barat, Kepala OPD, Kepala Bagian, Camat, mewakili BPS Kabupaten Nias dan Kasubbag Program di setiap OPD.(Red-SP.ID/FH)