Waki Bupati Simalungun Buka Pelatihan Berhitung dengan Metode GASING Tahun 2023 -->
AYO IKUTI PROTOKOL KESEHATAN - CEGAH PENYEBARAN COVID-19 DIMULAI DARI DIRI KITA SENDIRI

Iklan

Waki Bupati Simalungun Buka Pelatihan Berhitung dengan Metode GASING Tahun 2023

Jumat, 27 Januari 2023

 

(Image/Gambar) : Wabup Simalungun Zonny Waldi saat membuka acara.

Simalungun - Sumutpos.id : Bupati Simalungun diwakili Wakil Bupati H Zonny Waldi secara resmi membuka kegiatan Pelatihan Berhitung dengan metode Gampang Asyik dan Menyenangkan (GASING) Tahun 2023 bagi Guru dan Siswa SD di Kabupaten Simalungun, di SMP Negeri 1 Siantar Jalan Mahoni Raya Kecamatan Sintar, Sumut, Kamis (26/1/2023)


Pelatihan Berhitung dengan metode GASING ini diikuti 32 orang guru SD perwakilan dari 32 kecamatan dan peserta didik tingkat SD sebanyak 96 orang (3 orang mewakili setiap kecamatan) yang berlangsung selama 15 hari setiap hari sekolah, yang dimulai 16 Januari s/d 11 Pebruari 2023 di SMP Negeri 1 Siantar Jln Mahoni Raya Kecamatan Sintar.


Menurut Kadis Pendidikan Sudiahman Saragih, tujuan kegiatan pelatihan ini adalah untuk mewujudkan visi misi Pemkab Simalungun tentang pengembangan pendidikan dan kebudayaan serta peningkatan kualitas generasi muda atau milenial dan untuk meningkatkan mutu pendidikan di Simalungun serta meningkatkan prestasi akademik para siswa.


Kegiatan pelatihan itu menghadirkan narasumber dari Kementerian Pendidikan Prof Yohanes Surya Ph.D didampingi Yayasan Teknologi Indonesia Raya.


Dalam sambutannya Yohanes Surya menyampaikan bahwa kegiatan pelatihan berhitung dengan metode Gasing sebelumnya telah di laksanakan di 9 Kabupaten di Sumut dan di Simalungun merupakan yang ke 10 dilaksanakan oleh pihaknya.


Menurut Yohanes, Gasing adalah sebuah metode Gampang, Asyik, Menyenangkan dengan konsep anak bahagia dan efektif belajar, sehingga di harapkan dari pelatihan ini anak-anak dari yang tidak bisa menghitung menjadi bisa menghitung dari berapa digit juga bisa.


Yohanes mencontohkan anak dari Papua di Manokwari Selatan, yang tadinya tidak bisa sama sekali, tapi dalam waktu dua Minggu mereka manjadi luar biasa dan salah seorang anak tersebut telah bawa ke Rakornas dengan Presiden dan disambut luar biasa


"Saya berharap anak-anak di sini (Simalungun) juga bisa seperti itu dan menjadi contoh setelah mengikuti pelatihan ini, karena tidak hanya belajar berhitung, tetapi anak-anak juga dilatih kemampuan kolaborasinya, critikal tingkingnya sehingga ada perubahan transformasi bagi anak anak kita ini,"kata Yohanes.


Sementara itu Wakil Bupati H Zonny Waldi saat membuka kegiatan tersebut menyampaikan  bahwa di Kabupaten Simalungun terdapat 90.175 siswa/i SD dan 36.313 siswa/i SMP.


Disampaikan Wakil Bupati bahwa, akibat pandemi Covid-19 yang melanda dunia termasuk di Kabupaten Simalungun banyak mengganggu aspek kehidupan masyarakat, termasuk proses belajar mengajar pun tidak berjalan dengan baik. Oleh karena itu, sinergi yang bangun ini bisa meningkatkan kualitas pendidikan di Kabupaten Simalungun.


Kepada para guru yang mengikuti pelatihan, Wakil Bupati berharap untuk mengikuti nya dengan serius dan sungguh-sungguh sehingga dapat di terapkan dalam melaksanakan tugas guna untuk meningkatkan kualitas pendidikan di Simalungun dan menularkan kepada guru yang lainnya.


"Saya juga meminta, dalam rangka meningkatkan mutu pendidikan, agar para guru lebih memberikan perhatian, pengabdian dan disiplin serta tidak membawa HP ke dalam kelas saat proses belajar mengajar,"tandas Wakil Bupati.


Melalui pelatihan ini, Wakil Bupati berharap dapat melahirkan generasi muda Simalungun yang memiliki ilmu pengetahuan, akhlak dan rasa persatuan yang baik. 


"Itu bermula dari para bapak dan ibu pendidik sekalian. Dan dari pelatihan juga di harapkan dapat melahirkan guru-guru yang berkualitas, dan menjadi tutor di daerah lain,"sebut Wakil Bupati.


Tampak hadir antara lain, Sekda Esron Sinaga, Kadis Pendidikan Sudiahman Saragih, Kadis Kominfo Andri Rahadian, Kasatpol PP Adnadi Girsang Kadis Pertanian Sakban Saragih, Kacab Bank Sumut Pematang Raya Thomas AC Tarigan, PT TPL diwakili Menejer CSR Hemlan Silaen dan undangan lainnya.(Red-SP.ID/FIS)