Pemkab Simalungun Gelar Bimtek Panitia Pemilihan Pangulu Nagori Serentak di Parapat -->
AYO IKUTI PROTOKOL KESEHATAN - CEGAH PENYEBARAN COVID-19 DIMULAI DARI DIRI KITA SENDIRI

Iklan

Pemkab Simalungun Gelar Bimtek Panitia Pemilihan Pangulu Nagori Serentak di Parapat

Jumat, 09 Desember 2022

 


Parapat-sumutpos.id:  Dalam Rangka Persiapan Pemilihan Pangulu Serentak (Pilpanak) Kabupaten Simalungun pada  Rabu 15 Maret 2023 mendatang, pemerintah Kabupaten (Pemkab) Simalungun melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat Nagori (DPMN) menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) persiapan pemilihan pangulu serentak tahun 2022. 


Kegiatan Bimtek tersebut dimulai sejak 29 November dan selesai 16 Desember 2022,  yang melibatkan panitia pengawas Kecamatan 96 orang, Panitia Nagori 496 orang, dan Panitia Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) sebanyak 2428 orang dengan total keseluruhan  3020 orang, yang dilaksanakan di Hotel Patra Jasa Parapat, Nagori Sibaganding, Kecamatan Girsang Sipangan Bolon, Sumatera Utara. 



Kepala Dinas DPMN Simalungun Jonni Saragih melalui Kabid Pemerintahan Nagori, Lamhot Haloho, SH menyampaikan,  "  Acara kita ini dalam rangka menyongsong pelaksanaan pemilihan pangulu serentak yang habis periode tahun 2022 yang mana direncanakan dilaksanakan pada 15 Maret 2023 mendatang. Jadi peserta bimtek dari 32 Kecamatan. Gelombang pertama yang diundang   dari unsur Camat, unsur Danramil dan Unsur Kapolsek. Gelombang ketiga dari panitia Nagori  sebanyak 248 , masing-masing peserta 2 orang, artinya 496 orang. Selanjutnya untuk  panitia tingkat KPPS sebanyak 1214 orang x 2 masing-masing, berarti jumlahnya 2428 orang yang dilatih," jelas Lamhot Sihaloho disela-sela kegiatan Bimtek Jumat(9/12-2022), 


Lanjut Kabid Pemerintahan Nagori itu, " Materi yang disampaikan adalah juknis dan Peraturan Bupati yang dibagikan kepada peserta bimtek. Dan  bagaimana pelaksanaan teknis dilapangan yang sudah di perbanyak atau sudah diterima para peserta," ungkapnya.

Lamhot juga berharap, " Kedepan, masing-masing unsur Kecamatan, Kapolsek dan Danramil dapat berperan  sesuai dengan juknis sebagai pengawas di setiap  Kecamatan. Begitu juga panitia di tingkat Nagori mengambil peran apa yang sudah di Bimtek. Semua itu harus sesuai dengan Juknis, begitu juga peserta dari KPPS. Dan masing-masing yang sudah di Bintek ini agar tau apa Tupoksinya ke depan di hari H pada saat pencoblosan di tanggal 15 Maret 2023 mendatang," kata Lamhot Sihaloho mengakhiri. 


Amatan dilokasi rapat, ratusan panitia pemilihan pangulu Nagori menghadiri kegiatan Bintek. para peserta diberikan kesempatan untuk sesi tanya jawab.(Red-SP.ID/Hery)