Ketua DPRD Simalungun, Timbul Jaya Sibarani Harap KPU Lakukan Penataan Dapil yang Berkeadilan -->
AYO IKUTI PROTOKOL KESEHATAN - CEGAH PENYEBARAN COVID-19 DIMULAI DARI DIRI KITA SENDIRI

Iklan

Ketua DPRD Simalungun, Timbul Jaya Sibarani Harap KPU Lakukan Penataan Dapil yang Berkeadilan

Selasa, 13 Desember 2022

Parapat-sumutpos.id: Ketua DPRD Simalungun, Timbul Jaya Sibarani berharap kepada  KPU supaya melakukan kajian terkait uji publik  Rancangan Penataan Daerah Pemilihan (Dapil) dan Alokasi Kursi Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Simalungun dalam pemilihan umum  Tahun 2024 sehingga penataan yang direncanakan dapat lebih berkeadilan.



Hal itu disampaikan Timbul Jaya Sibarani dalam kata sambutannya di acara Uji Publik yang diselenggarakan  oleh  Komisi Pemilihan Umum ( KPU ) Simalungun,  selama dua hari Senin-Selasa (12-13/12-2022)  di hotel Niagara Parapat , Kecamatan Girsang Sipangan Bolon, Sumatera Utara. 



Ketua  DPD partai Golkar Simalungun itu menjelaskan, "pelaksanaan pemilu hari ini akan dicoba merancang tentang penataan daerah pemilihan. Sebagaimana yang kita sama-sama ketahui bahwa daerah pemilihan di Simalungun, terdiri dari enam Dapil yang sudah ditata sedemikian rupa.  Walaupun menurut kita ada daerah pemilihan yang begitu luas, seperti wilayah Dapil 1 dan Dapil 6, kalau tak salah 9 kecamatan." ujarnya.  


" Oleh karenanya KPU akan berupaya melakukan penataan -penataan, namun kami dari lembaga DPRD tetap berharap, tentu  penataan berdasarkan oleh berbagai  kajian-kajian, sehingga apa manfaat, apa  keuntungan dari penataan yang direncanakan dapat sama-sama kita pahami, " ucapnya.

Kemudian, kata Timbul Jaya,  "Penataan Dapil ini tentu harus dipertimbangkan dari berbagai aspek, aspek historis, sosial budaya, geografis , dan politisi mungkin harus dapat mengakomodir semua, sehingga penataan- penataan yang direncanakan dapat lebih berkeadilan,  kalau toh juga hal ini belum bisa kita sajikan,  ya mungkin KPU akan kembali kepada daerah pemilihan semula (sebelumnya)," ungkap ketua DPRD Simalungun itu mengakhiri. 

Amatan di lokasi, sebelum dimulai acara uji publik, seluruh yang hadir berdiri sambil menyayikan lagu Indonesia Raya. Turut hadir Ketua KPU Simalungun  DR Raja Damanik,  Sekretaris Daerah (Sekda) Simalungun Esron Sinaga , Waka Polres Simalungun Kompol Efrianto , Danramil 11 Parapat Kapten Inf. Ricad Pasaribu, Ketua Bawaslu Simalungun, dan seluruh Camat dari 32 Kecamatan se-Kabupaten Simalungun.(Red-SP.ID/Heri)