Kapolres Dairi Pimpin Upacara dalam Peringatan Hari Ibu Ke 94 di Pemkab Dairi -->
AYO IKUTI PROTOKOL KESEHATAN - CEGAH PENYEBARAN COVID-19 DIMULAI DARI DIRI KITA SENDIRI

Iklan

Kapolres Dairi Pimpin Upacara dalam Peringatan Hari Ibu Ke 94 di Pemkab Dairi

Jumat, 23 Desember 2022

 


Sidikalang - sumutpos.id : Kapolres Daio93ri AKBP Wahyudi Rahman, SH, S.I.K, MM bertindak selaku Inspektur upacara pada Hari Ibu Nasional yang biasa diperingati pada tanggal 22 Desember merupakan peringatan akan peristiwa bersejarah di Indonesia yaitu diselenggarakannya Kongres Perempuan Indonesia pertama di Yogyakarta pada tanggal 22-25 Desember 1928.



Tanggal tersebut dijadikan sebagai peringatan hari ibu yang diperingati setiap tahunnya. Guna memperingati hari ibu tersebut Pemerintah Kabupaten Dairi menggelar Upacara Peringatan Hari Ibu ke-94 di halaman Kantor Bupati Dairi, Kamis, (22/12/2022).



Upacara ini dihadiri oleh Sekdakab, Budianta Pinem, Mewakili Ketua DPRD, hadir Anggota DPRD Lisbet Lumban Tobing, mewakili Dandim, Mewakili Kajari dan Ketua Pengadilan Negeri, Pimpinan BUMN dan BUMD, para pimpinan OPD, Ketua TP PKK Kabupaten Ny Romy Mariani Simarmata, Anggota Dharma Wanita Persatuan (DWP) TNI-Polri, guru serta pelajar.


Bertindak sebagi pembina upacara Kapolres Dairi AKBP Wahyudi Rahman sekaligus membacakan sambutan Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, menyampaikan bahwa dalam sejarahnya perempuan – perempuan di Indonesia ikut berperan penting dalam perjuangan Kemerdekaan Negara Indonesia. Dalam sambutan disebutkan, perjuangan para perempuan dalam kemerdekaan saat itu menjadi keyakinan bahwa pemenuhan hak dan kesetaraan merupakan esensi kemajuan dan pembangunan bangsa Indonesia di kemudian hari.



Dijelaskan lagi bahwa kesetaraan bagi seluruh rakyat Indonesia telah terjamin melalui UUD 1945 yang sesuai dengan tujuan pembangunan nasional, oleh sebab itu Peringatan Hari Ibu pada tahun ini mengangkat tema “Perempuan Berdaya, Indonesia Maju”. 


"Peringatan Hari Ibu ini merupakan milik kita bersama, sebab itu seluruh lapisan masyarakat Indonesia diharapkan untuk terus berkarya serta meningkatkan kualitas dan kapabilitas diri untuk menjadi kekuatan besar yang mensejahterakan semua," katanya.



Sementara itu, Ketua TP PKK Kabupaten Ny. Romy Mariani Simarmata berkesempatan juga membacakan sejarah singkat hari ibu sejak 94 tahun lalu. Dijelaskan, Hari Ibu di Indonesia dirayakan secara nasional.(Red-SP.ID/CS)