PKNS Kota Medan Peringati Maulid Nabi Muhammad SAW 1444 H Dihadiri Ketua PKDP Kota Medan -->
AYO IKUTI PROTOKOL KESEHATAN - CEGAH PENYEBARAN COVID-19 DIMULAI DARI DIRI KITA SENDIRI

Iklan

PKNS Kota Medan Peringati Maulid Nabi Muhammad SAW 1444 H Dihadiri Ketua PKDP Kota Medan

Minggu, 13 November 2022

Medan-Sumutpos.id: Tradisi Masyarakat Minangkabau dalam memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW 1444 H, yang telah turun-temurun laksanakan di seluruh jemaah Mesjid Syekh Burhanuddin, yang  tergabung dalam Persatuan Keluarga Nan Sabarih (PKNS) Kota Medan dan Sumatera Utara. 


Memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW 1444 H, pada hari Sabtu sampai Minggu 12-13/11/2022, di Mesjid Syekh Burhanuddin, Jl. Denai, Gg. Jati II, No.12, Link. X, Tegal Sari, Kecamatan Medan Area, kota Medan. 


Dihadiri oleh Ketua Persatuan Keluarga Daerah Piaman (PKDP) Kota Medan, Merangkap Ketua Panitia Maulid Nabi Muhammad SAW 1444 H,H.Bg.Masrizal Manday, Sekretaris PKDP Kota Medan, Bg.Basrial Tanjung, Bendahara PKDP Sumut, Ungu Manday dan segenap pengurus PKDP Kota Medan. 

Pauh Kamba Padang Bingungan Kapalo Koto, PKUTK Sumut, Ulakan Tapakis Kataping. Sunur Kurai Taji sekitarnya dan Tobo sekitarnya. 



Dalam kata sambutan Ketua PKDP kota Medan H. Bg.Masrizal Manday, mengucapkan terimakasih kepada seluruh keluarga besar PKNS kota Medan dan PKNS Sumut, yang telah dapat melaksanakan peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW 1444 H,dalam hal ini dapat menumbuh kembangkan ajaran Agama Islam yang di bawa oleh Syekh Burhanuddin di Sumatera Barat, dan ini terbukti dilaksanakan oleh keluarga besar PKNS kota Medan dan Sumut." tuturnya Masrizal  Manday. 


Dan menurut ajaran Agama Islam yang di bawa Syekh Burhanuddin, yang berkembang dengan Paham Tarekat Sektariah dengan  "Menaikan Orang Siak, Badikie dan Sarafal Anam", inilah ciri khas ajaran Tarekat Sektariah yang berkembang di Sumatera Barat,harus kita jaga bersama dan kita lestarikan, ungkap Masrizal Manday. 


Ketua Persatuan keluarga Nan Sabarih(PKNS) Sumut Bg. Martias Kundur,didampingi Ketua Ninik Mamak PKNS Sumut Sd.Martin Koto, mengucapkan terimakasih kepada seluruh keluarga besar PKNS Sumut dan kota Medan, sehingga acara Maulid Nabi Muhammad SAW 1444 H, dapat kita laksanakan dengan baik, semoga dapat kita ambil hikmahnya bagi kita semua, untuk siar Agama Islam yang di bawa oleh Syekh Burhanuddin. "tuturnya.


Dan diharapkan kepada keluarga besar PKNS Sumut dan kota Medan dapat menumbuh kembangkan ajaran agama Islam yang dibawa oleh Syekh Burhanuddin di perantauan, pungkasnya Martias. 


Dalam acara Maulid Nabi Muhammad SAW 1444 H, sekaligus Pelantikan dan Mengkukuhkan  Bg. Jamal Jambak sebagai Labai (Bilal) yang melaksanakan Fardukipayah, untuk orang yang meninggal dunia.

Dan dilanjutkan dengan Naik Urang Siak, pada Sabtu malam Minggu, Jam23.30 Wib, sekaligus Badikie dan Sarafal Anam sampai menjelang  Subuh. 

Minggu 13/11/2022, siang, Makan Basamo, jam 14.30 wib, dan Gerakan Amal Saleh (GAS) sekaligus Doa sebagai menutup acara. (Red-SP.ID/MYT)