Festival Olahraga Rekreasi Kabupaten Nias " GOWES SEPEDA TO BOZIHONA " Tahun 2022 -->
AYO IKUTI PROTOKOL KESEHATAN - CEGAH PENYEBARAN COVID-19 DIMULAI DARI DIRI KITA SENDIRI

Iklan

Festival Olahraga Rekreasi Kabupaten Nias " GOWES SEPEDA TO BOZIHONA " Tahun 2022

Minggu, 20 November 2022

Nias - Sumutpos.id : Pemerintah Kabupaten Nias gelar Festival Olahraga Rekreasi Kabupaten Nias “Gowes Sepeda to Bozihona” Tahun 2022 Start dari Lapangan Beringin Hiliweto Gido menuju Bozihona. Sabtu (19/11/2022) 


Untuk memastikan berjalannya kegiatan dengan aman, panitia telah menetapkan beberapa titik untuk menjamin keamanan, kesehatan, dan juga tempat beristirahat/rest area. Satuan Polisi Pamong Praja dan petugas dari Dinas Perkim Hubling Kabupaten Nias mengiringi rombongan perserta dengan menggunakan mobil pengawalan Satpol dan Dishub.


Selanjutnya, disetiap posko kesehatan seperti di Hiligogowaya dan di Pantai Bozihona telah disiapkan Tim medis dan juga ambulance yang turut mengiringi rombongan peserta, sedangkan untuk lokasi istirahat atau rest area terletak di simpang Hilibadalu menuju Hiligogowaya.


Adapun rute/jalur perjalanan yang ditempuh dalam kegiatan festival tersebut yakni dari Lapangan Beringin Hiliweto Gido, melalui Jalan Nasional, melewati Gedung Sinode AFY, Desa Hiligogowaya, Desa Tigaserangkai Simpang Maliwa’a menuju Pantai Bozihona dengan estimasi jarak kurang lebih 17 km.


Selain kegiatan Gowes Sepeda to Bozihona, pada hari yang sama pemerintah juga memberikan bantuan untuk petani dan nelayan sebagai bentuk dukungan Pemerintah Kabupaten Nias melalui Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan Kabupaten Nias dengan tujuan agar masyarakat lebih produktif dan dapat meningkatkan taraf hidup. Bantuan tersebut berupa Mesin Perahu MZ 200 sebanyak 34 Unit kepada kelompok usaha yang berasal dari Kecamatan Gido, Kecamatan Idanogawo dan Kecamatan Bawolato, Jaring Multifilamen MS 2 Inci sebanyak 46 Set yang diserahkan kepada 23 orang penerima manfaat dari 3 kecamatan yakni, Kecamatan Gido, Kecamatan Idanogawo dan Kecamatan Bawolato, Perontok Padi (Power Thresher) untuk 7 kelompok tani penerima manfaat yang berasal dari Kecamatan Idanogawo dan Kecamatan Ulugawo.



Dalam sambutannya, Bupati Nias Yaatulo Gulo, S.E., S.H., M.Si mengatakan bahwa pertanian dan perikanan merupakan sektor penting dalam pembangunan perekonomian di Kabupaten Nias, mengingat fungsi dan perannya dalam penyediaan pangan serta menjadi motor penggerak dan penyangga perekonomian daerah Kabupaten Nias.


“Sebagian besar petani dan nelayan di Kabupaten Nias merupakan petani dan nelayan tradisional, menggunakan peralatan yang sangat sederhana” ujar Bupati Nias


Menyikapi hal tersebut, salah satu upaya Pemerintah Kabupaten Nias adalah mendorong peningkatan produksi pertanian dan perikanan, melalui peningkatan sarana dan prasarana serta peningkatan kapasitas SDM petani dan nelayan.


Bupati Nias berharap agar kelompok tani penerima manfaat dapat memanfaatkan alat dengan baik, alat tidak diperjualbelikan, dan kepada seluruh jajaran Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan Kabupaten Nias agar tetap mendampingi dan mengawal pemanfaatan bantuan alat dan mesin pertanian yang telah dibagikan sehingga dapat bermanfaat dengan baik.


Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Bupati Nias, Wakil Bupati Nias, Sekretaris Daerah Kabupaten Nias, Unsur Forkopimda Kabupaten Nias, Unsur Pimpinan dan anggota DPRD Kabupaten Nias, Staf Ahli/Asisten dan Kepala Perangkat Daerah di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Nias, Para Pimpinan Instansi Vertikal BUMN dan BUMD, Camat se-Kabupaten Nias, Kepala Kantor Kesyahbandaraan dan Otoritas Pelabuhan Kelas IV Gunungsitoli, Peserta Festival Sepeda/Olahraga Rekreasi Kabupaten Nias, Para Kepala Desa, Kelompok Tani Penerima Manfaat dan Para Nelayan serta Hadirin yang Berbahagia. (Red-SP.ID/FH)