Peringatan Hari Sumpah Pemuda ke 94,Bupati Dairi Eddy Berutu Bertindak Sebagai Inrup -->
AYO IKUTI PROTOKOL KESEHATAN - CEGAH PENYEBARAN COVID-19 DIMULAI DARI DIRI KITA SENDIRI

Iklan

Peringatan Hari Sumpah Pemuda ke 94,Bupati Dairi Eddy Berutu Bertindak Sebagai Inrup

Friday, October 28, 2022


 

Dairi-sumutpos.id :Peringatan Hari Sumpah Pemuda Ke-94. Upacara digelar di halaman depan Kantor Bupati Dairi Jalan Sisingamangraja, Kecamatan Sidikalang, Kabupaten Dairi, Sumatera Utara, Jumat (28/10/2022),dan bertindak sebagai Inrup Bupati Dairi Eddy Kelleng Ate Berutu 


Upacara yang dimulai pagi jam 09.00 WIB tersebut dihadiri para Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pemkab Dairi dan Forum Pimpinan Daerah (Forkopimda).


Sedangkan peserta upacara terdiri dari ASN Pemkab Dairi, Pelajar Sekolah Dasar (SD) SLTA, Pramuka, OKP, Ormas dan TNI-Polri serta Siswa siswi yang mengenakan pakaian adat bentuk dari kesukaan yang mendukung sumpah pemuda dahulunya atau lebih dikenal (yong).


Dalam sambutannya Bupati Dairi Eddy Keleng Ate Berutu menyampaikan, Hari Sumpah Pemuda Ke-94 mengambil tema 'Bersatu Bangun Bangsa'.



Tema yang  memberikan pesan mendalam bahwa bersatu padu adalah harga mati yang harus dikuatkan untuk membangun kekuatan dan ketangguhan,sebab kekuatan bangsa ada pada generasi muda Indonesia.


"Dengan ketangguhan dan persatuan menjadi kekuatan melakukan pembangunan peradaban yang unggul sebagai eksitensi bangsa Indonesia," kata Eddy Berutu.


Pada peringatan Hari Sumpah Pemuda ini  upaya menghadirkan sejarah masa lalu untuk direnungkan, dipelajari, ditemukan  pembelajaran secara transparan kebaikan untuk dijadikan teladan dan inspirasi pergerakan langkah menuju visi bangsa yang besar.


"Sumpah Pemuda 28 Oktober 1928 memberikan pelajaran kepada kita bagaimana menyikapi perbedaan sikap primordial, suku, agama, ras dan kultur, serta berbagai kepentingan menjadi kekuatan, bukan sebagai faktor yang melemahkan,demi peradaban dan kemajuan,"paparnya nya


Sejarah telah menjelaskan, bahwa pilihan pemuda waktu itu telah menjadi tonggak kuat menuju kemerdekaan untuk 

Peran pemuda dalam mempelopori pembangunan visi kebangsaan dengan sumpah pemuda 1928 yang diikuti dengan rangkaian pergerakan-pergerakannya telah mengantarkan kepada proklamasi kemerdekaan Indonesia.


Selesai upacara kegiatan penyerahan piala dan medali bagi peserta yang menang dalam lomba lari maraton beberapa hari lalu . (Red-SP.ID/CS)