BERSATU BANGUN BANGSA -->
AYO IKUTI PROTOKOL KESEHATAN - CEGAH PENYEBARAN COVID-19 DIMULAI DARI DIRI KITA SENDIRI

Iklan

BERSATU BANGUN BANGSA

Friday, October 28, 2022

 OPINI

 


                

Oleh: Julister Sihite, S.Pd

Kongres Pemuda II 28 Oktober 1928, berhasil menetapkan ikrar atau Sumpah Pemuda, yang selanjutnya menjadi landasan perjuangan untuk mencapai Indonesia MERDEKA.


Adapun hasil kongres itu adalah:

1. Kami Putra dan Putri Indonesia mengaku bertumpah darah satu, Tanah Air Indonesia.

2. Kami Putra dan Putri Indonesia mengaku berbangsa yang satu, Bangsa Indonesia.

3. Kami Putra dan Putri Indonesia menjujung bahasa persatuan, Bahasa Indonesia.


Setelah mendengar putusan ini, kerapatan mengeluarkan keyakinan, azas ini wajib dipakai segala perkumpulan kebangsaan Indonesia.



Selanjutnya mengeluarkan keyakinan PERSATUAN INDONESIA, yang diperkuat dengan memperhatikan dasar persatuannya: Kemauan, Sejarah, Bahasa, Hukum Adat, Pendidikan dan Kepanduan.


94 tahun sudah Sumpah Pemuda itu, namun masih tetap kokoh demi berlangsungnya perjalanan berbangsa dan bernegara kita dalam pluralisme tunggal.



Bersatu Bangun Bangsa adalah momen bagi kita semua tanpa terkecuali, membangun Indonesia kita tercinta dari Sabang sampai Merauke. Menjadikan Indonesia mercusuar dunia.


Tentu banyak tantangan menghadang, menghempas di depan. Tapi kita tetap yakin dan percaya, bahwa itu semua akan dapat kita hadapi dan lalui, kalau kita komitmen bersama bahwa persatuan dan kesatuan dalam kasih Pancasila harga mati yang tak bisa ditawar - tawar.


Kita semua saudara - saudari dalam rahim ibu pertiwi. Ingat, keberagaman bangsa kita adalah hadiah yang terbaik dari Tuhan Yang Maha Esa. Mari terus kita jaga dan pelihara demi anak cucu kita kelak, yang bangga punya bangsa dan tanah air INDONESIA tercinta. Selamat Hari Sumpah Pemuda.(Red-SP.ID/Jes).