Pemkab Toba Teken Perjanjian Kerja Sama Dengan Institut Agama Kristen Negeri Tarutung -->
AYO IKUTI PROTOKOL KESEHATAN - CEGAH PENYEBARAN COVID-19 DIMULAI DARI DIRI KITA SENDIRI

Iklan

Pemkab Toba Teken Perjanjian Kerja Sama Dengan Institut Agama Kristen Negeri Tarutung

Sunday, August 14, 2022

Toba (14/8/22)- Sumutpos.id: Pemerintah Kabupaten Toba berharap civitas academica Institut Agama Kristen Negeri (IAKN) Tarutung  ikut "mendaratkan" program pemerintahan , pembangunan dan kemasyarakatan ke masyarakat Toba. Salah satunya melalui mahasiswanya saat melaksanakan pengabdian masyarakat- secara senang menyosialisasikan kepribadian unggul yang disebut dengan Batak Naraja.
Harapan ini disampaikan Bupati Toba,Poltak Sitorus dalam kata sambutannya pada acara penekenan perjanjian kerja sama (PKS) antara Pemkab Toba dengan IAKN Tarutung yang digelar di Ruang Panatapan Rumah Dinas Bupati Toba, Balige, Kabupaten Toba, Provinsi Sumatra Utara,Sabtu (13/8/2022).


Ada 4 PKS yang sudah diteken tentang pendidikan, penelitian ,dan pengabdian masyarakat-yaitu Program studi (Prodi) Sosiologi Agama , Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora dengan Kadis PMDPPA Henry Silalahi serta  Plt.Kadis Sosial Sudirman Sirait.
Selanjutnya  2 PKS  lagi Prodi Pendidikan Agama Kristen dan Prodi Pendidikan Manajemen Kristen , Fakultas Ilmu Pendidikan Kristen dengan Kadis Pendidikan yang diwakili Kabid PAUD Lenny Sitinjak.

Menurut Bupati Poltak Sitorus secara khusus dalam bidang sosial, diharapkan inovasi dan peranan mahasiswa untuk mengindentifikasi apa dan bagaimana berbagai masalah -masalah sosial  yang ada di daerah ini seperti  narkoba ,pelecehan seksual dan lainnya. Selanjutnya bagaimana cara penyelesaiannya.

Ia juga menyinggung keadaan dimana kaum bapak yang banyak tidak mengikuti kebaktian di gereja. Diharap peranan mahasiswa nantinya juga ikut mendorong agar kaum bapak tersebut berubah  semakin rajin ke gereja.

Kemudian dititipkan juga sosialisasi 
"Tanam dua kali panen dua kali"  bukan ekploitasi tanah namun untuk kesejahteraan masyarakat petani.

"Terima kasih  IAKN  Tarutung , kepada Rektor Prof.Prof.  Dr.  Albiner Siagian dan jajarannya,"kata Bupati Poltak Sitorus mengakhiri.
Selanjutnya Rektor IAKN Tarutung Prof.  Dr.  Albiner Siagian juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada Bupati Toba dan jajarannya atas kerjasama ini. Ia mendukung melalui Kuliah Kerja Nyata (KKN), Praktek Kerja Lapangan ( PKL) dan hal lainnya dari para mahasiswa untuk ikut menyosialisasikan menyampaikan  sikap unggul kepribadian Batak Naraja kepada masyarakat di Kabupaten Toba.

"Sangat indah mengembalikan sikap yang indah dari kearifan Batak ini,"kata Albiner Siagian yang lahir di Kecamatan Silaen,Toba ini.

Hal seperti ini sudah ada dalam materi studynya untuk penatua gereja sejak 5 tahun yang lalu. 

Di akhir acara,kedua pihak saling memberi cendera mata berupa plakat.

Dari pihak IAKN turut hadir  Dr.  Hanna Dewi Aritonang, M. Th,Dr.  Andar Gunawan Pasaribu, M. Pdk,Dr.  Maringan Sinambela,  M. Th,. Dr.  Lasmaria Lumbantobing,  M.  Pdk, dan Elvri Teresia Simbolon,  M. Pd.
Pejabat Pemkab Toba yang ikut mendampingi bupati,Kadis Pemberdayaan Masyarakat Desa,  Perlindungan Perempuan dan Anak (PMDPPA)  Henry Silalahi, Plt. Kadis Kominfo Sesmon TB Butarbutar,Plt. Sudirman Sirait,Kadis Pendidikan yang diwakili Kabid PAUD Lenny Sitinjak,dan  Kabag Tapem dan Kerjasama, Samuel Lumbanraja. (Red-SP.ID/DS)