Kapolda Sumut Bersama Wabup Toba Tinjau Bencana Longsor Lumbanjulu -->
AYO IKUTI PROTOKOL KESEHATAN - CEGAH PENYEBARAN COVID-19 DIMULAI DARI DIRI KITA SENDIRI

Iklan

Kapolda Sumut Bersama Wabup Toba Tinjau Bencana Longsor Lumbanjulu

Monday, August 29, 2022

Toba 28/8/22 Sumutpos.id: Kapolda Sumatra Utara (Sumut) Irjen Panca Putra Simanjuntak didampingi Wakil Bupati Toba, Tonny M.Simanjuntak turun meninjau lokasi bencana longsor di Desa Jangga Dolok, Kecamatan Lumbanjulu, Kabupaten Toba, Provinsi Sumut, Minggu (28/8/2022).

Di lokasi pertama, tepatnya di ruas Jalan Lintas Sumatra, Kapolda Panca Putra Simanjuntak langsung memerintahkan jajarannya untuk mengindentifikasi penyebab banjir dan longsor yang terjadi hujan deras pada Sabtu malam (27/8/2022). 
Tampak satu unit excavator milik Dinas PUTR Pemkab Toba masih bekerja membersihkan jalan yang sebelumnya sempat membuat arus lalu lintas macet dan membuat kenderaan antri memanjang di kedua arah.

Kapolda juga menginformasikan bahwa ia sudah menghubungi pihak BWSS di Medan untuk berkoordinasi dengan pemerintah setempat.
Di lokasi kedua, tepatnya di Jembatan Aek Sungai, Jangga Dolok, Kapolda pun menemui Boru Manurung yang rumahnya ambruk dihantam banjir. Ia pun memberikan ucapan penghiburan dan memberikan bantuan melalui stafnya.

Sebagai lokasi terakhir, Kapolda mengunjungi satu unit rumah yang juga terkena dampak  banjir. rumah tinggal sekaligus Posyandu setempat dihuni Kepala Keluarga marga Siagian , anggota Polsek Lumbanjulu. Tampak kerusakan di bagian dapur dan dinding rumah yang berada di tepi sungai kecil ini. Banyak perabotan dan alat-alat rumah tangga rusak dan berlumpur.
Kapolda juga memberikan kata penghiburan dan menyemangati sekaligus memberikan bantuan tali asih kepada keluarga Polri ini. 

Sebelum meninggalkan lokasi, Kapolda didampingi Wabup Toba Tony Simanjuntak, Kapolres Toba AKBP Taufiq Hidayat Thayeb, Pj. Sekdakab Toba Augus Sitorus, Kepala KPH IV Leo Sitorus, Plt. Camat Lumbanjulu, Muspika , para pejabat Poldasu, Dirlantas, LabFor dan Subdit IV Tipiter memberikan keterangan pers.

Ia berharap semua pihak agar  secara bersama-sama menjaga alam, sebagai anugerah Tuhan yang indah ini. Kepada Pemkab Toba melalui Wabup Tonny, agar segera melakukan koordinasi  dengan pihak-pihak terkait untuk penanggulangan dan langkah antisipasi berikutnya.
Turut mendampingi Wabup Toba, Plt Kadis PU Gumianto Simangunsong, Plt. Kadis Sosial Sudirman Sirait, Plt. Kadis Kominfo Sesmon TB Butarbutar, Kasat PolPP Harianto Butarbutar,petugas BPBD Toba, dan unsur terkait lainnya.

Hasil pantauan, di lokasi telah diturunkan 3 unit mobil damkar dan personel PolPP Pemkab Toba  membersihkan saluran. Satu Mobil truk sampah Dinas Lindup mengangkut material kayu.Tenda pengungsian, dapur umum dan petugas dari Dinsos Toba juga sudah tersedia melayani warga.
Selanjutnya Wabup Toba, Kapolres Toba,  Pj. Sekdakab dan Plt. Kadis Kominfo  meninjau lokasi banjir dan ruas jalan desa yang terancam putus di Desa Sibaruang, Lumbanjulu.

Kemudian didampingi Kades Silamosik 1 melanjutkan meninjau tembok penahan sungai yang ambruk di DAS  Aek Mandosi, Silamosik 1, Porsea.(Red-Sp.Id/DS).