Hadiri Seminar Perkebunan, RHS: Pemerintah Selalu Mendukung Investor untuk Ikut Membangun Simalungun -->
AYO IKUTI PROTOKOL KESEHATAN - CEGAH PENYEBARAN COVID-19 DIMULAI DARI DIRI KITA SENDIRI

Iklan

Hadiri Seminar Perkebunan, RHS: Pemerintah Selalu Mendukung Investor untuk Ikut Membangun Simalungun

Kamis, 11 Agustus 2022

(Image/Gambar) : Bupati Simalungun Radiapoh H Sinaga saat menghadiri acara.

Simalungun - Sumutpos.id : Bupati Simalungun Radiapoh Hasiholan Sinaga menghadiri seminar perkebunan yang di selenggarakan PT Putri  Mandiri Plantations dan MPC Pemuda Pancasila  Kabupaten Simalungun, di Sapadia Hotel Pematang Siantar, Kamis (11/8/2022)

Dalam sambutannya, Bupati Simalungun menyampaikan  apresiasi atas di selenggarakan seminar perkebunan tersebut, sembari berharap semua dapat berkontribusi dalam pembangunan di Kabupaten Simalungun.

"Silahkan dari sudut pandang  mana pun dan dari elemen organisasi  mana pun. Kami berharap ini bukan sekedar acara seremonial, harus ada bukti  kongrit nyatanya, agar benar benar-benar  terjadi hilirisasi ketika produksinya  melimpah," kata Bupati.

"Karena yang sering  terjadi, ketika petani kita beramai-rami melakukan penanaman dan ketika melimpah produksinya, tidak ada hilirisasinya, sasarannya, pasarnya tidak ada.

Disampaikan Bupati, Pemkab Simalungun saat ini sedang  menyiapkan kawasan perindustrian di Tapian Dolok untuk membantu para petani Simalungun dalam menciptakan hilirisasi dan pasar serta menciptakan produk turunan dari pertanian Simalungun.

"Saya akan melihat sepak terjang PT ini kedepan, kita mau ada bukti kongkritnya. Dan pemerintah  selalu mendukung dan memfasilitasi, memberikan kemudahan kepada para investor  untuk ikut membangun Simalungun ini," tandasnya.

Disamping itu, Bupati Simalungun berharap kepada organisasi pemuda agar menjadi garda terdepan  dalam ikut  memberikan  kontribusi  dalam pembangunan  di Tanah Habonaron Do Bona.

Sebelumnya, Tika Noveyanti Bukit dari  PT Putri  Mandiri  Plantations menyampaikan bahwa kehadiran pihaknya bekerja sama dengan Gamal Institut di Kabupaten Simalungun dalam upaya memberikan dukungan peningkatan Perkebunan bawah di Simalungun

"Banyak potensi Perkebunan  yang dapat di kembangkan seperti kelapa sawit, Kopi, vanili dan jeruk," kata Tika.

Tika mengatakan, ada dana yang bisa di akses  dalam penyaluran sarana dan prasarana  Perkebunan  sawit  dari BPDPKS (Badan Pengelola Dana Kelapa Sawit).

"Ada sembilan paket yang bisa di akses, seperti perluasan yang terdiri dari bantuan benih, pupuk dan pestisida, intensifikasi, alat Pasca Panen, unit Pengolahan  hasil, pembuatan  atau peningkatan jalan, alat transportasi, mesin pertanian, pembentukan infrastruktur  pasar, dan sertifikasi  ISPO (Indonesian Sustainable Palm Oil)," papar Tika.

Menurut Tika, bantuan ini bisa di akses jika sudah terbentuk  kelembagaannya seperti Koperasi atau kelompok tani. 

"Dan  Gamal Institut memberikan  dukungan  dan bantuan dalam penyusun  perencanaan/masterplan pengembangan vanili, kopi atau kelapa sawit, memfasilitasi pembentukan Koperasi dan kemitraan dengan  buyer dan membantu  mengaitkan rencana pengembangan dengan  Kementerian terkait," jelas Tika.

"Jadi kita berharap, kita bisa membuka dulu lembaganya atau Koperasi nya atau kelompok taninya, Karena banyak bantuan  dari Kementerian  terkait yang bisa kita bantu untuk di akses," pungkas Tika.

Tampak hadir antara lain Kadis Perindag Leo L Haloho dan Ketua MPC Pemuda Pancasila  Elkanada serta undangan lainnya.(Red-SP.ID/FIS)