Presiden RI Kunker ke Nias Barat -->
AYO IKUTI PROTOKOL KESEHATAN - CEGAH PENYEBARAN COVID-19 DIMULAI DARI DIRI KITA SENDIRI

Iklan

Presiden RI Kunker ke Nias Barat

Thursday, July 7, 2022

(Image/gambar) Presiden RI disaat kunker ke Nias Barat

Nias Barat - Sumutpos.id : Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo, melakukan kunjungan ke Nias Barat untuk meninjau pembangunan infrastruktur dan pembagian bantuan sosial kepada masyarakat penerima manfaat di wilayah Kabupaten Nias Barat.

Presiden Jokowi bersama Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Menteri PUPR Basuki Hadimulyano, Menteri Hukum dan HAM Yasonna H. Laoly dan Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi, tiba di Nias Barat di lapangan bola kaki Tetesua Sirombu, menggunakan helikopter Super Puma, Rabu (06/072022).


Setibanya di Nias Barat, Jokowi disambut oleh Bupati Nias Barat Khenoki Waruwu dengan diiringi tari-tarian dan pemukulan gendang dan gong. Selanjutnya Bupati Nias Barat menyematkan baju kebesaran khas Nias Barat kepada Presiden Jokowi.


Presiden Jokowi menyapa masyarakat Nias Barat
Setelah prosesi penyambutan, Presiden Jokowi bersama rombongan melakukan peninjauan jalan lingkar pulau Nias ruas Sirombu-Afulu dan jembatan luaha Zebolo.

Saat memberikan keterangan seusai melakukan peninjauan, Presiden Jokowi menyampaikan bahwa pemerintah menargetkan pembangunan infrastruktur jalan nasional di Nias dapat rampung tahun depan.

Menurutnya, pembangunan infrastruktur dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi di Pulau Nias, sehingga komoditas daerah seperti kelapa dan ikan dapat bersaing di pasaran. Selain itu, menurut Presiden, pembangunan jalan juga akan berdampak pada pariwisata di Pulau Nias.

“Termasuk juga untuk pariwisata karena di sini untuk surfing sangat bagus sekali dan sangat diminati,” kata Presiden.

Sementara itu, Bupati Khenoki melalui keterangannya kepada sejumlah media, mengungkapkan bahwa kunjungan Jokowi di Nias Barat merupakan awal yang baik dalam mempercepat pembangunan di Nias Barat.

“Tadi saya sudah menyampaikan langsung kepada Presiden Jokowi bahwa Nias Barat sangat butuh perhatian pemerintah Pusat dalam mempercepat pembangunan di Kabupaten Nias Barat, terutama pembangunan infrastruktur jalan, irigasi, listrik dan pembangunan sektor pariwisata”, ujar Bupati Nias Barat



Bupati Khenoki di hadapan Presiden mengungkapkan optimismenya bahwa apabila Pemerintah Pusat mengalokasikan anggaran 1 triliun setiap tahunnya di Nias Barat, maka dalam beberapa tahun ke depan Nias Barat akan keluar dari ketertinggalan.
“Tadi Pak Jokowi sangat kaget mendengar bahwa DAU Nias Barat hanya 330 miliar setiap tahunnya. Saya menyampaikan bahwa apabila pemerintah pusat melalui beberapa kementerian mengintervensi pembangunan di Nias Barat dan dialokasikan anggaran 1 triliun setiap tahunnya maka Nias Barat cepat keluar dari ketertinggalannya”, kata Bupati Nias Barat.


Atas kehadiran Jokowi di Nias Barat, Bupati mengaku sangat berterimakasih dan berharap bahwa apa yang sudah disampaikan kepada Presiden Jokowi secepatnya dapat terwujud.

“Atas nama pribadi, pemerintah daerah dan seluruh nasyarakat Nias Barat, mengucapkan banyak terima kasih atas kunjungan Presiden ke Nias Barat dan kita berharap apa yang sudah kami usulkan kepada Presiden Jokowi baik secara langsung maupun melalui proposal yang sudah disampaikan secepatnya dapat terwujud”, harap Bupati Nias Barat.

Setelah melakukan peninjauan infrastruktur jalan dan jembatan Presiden Joko Widodo meninjau Pasar Rakyat Mandrehe di Desa Fadoro, Kecamatan Mandrehe dan menyerahkan bantuan sosial kepada masyarakat penerima manfaat berupa Bantuan Modal Kerja (BMK) dan Bantuan Langsung Tunai (BLT) minyak goreng bagi peserta Program Keluarga Harapan (PKH) dan pedagang.
Usai meninjau Pasar Mandrehe dan menyalurkan bantuan, Presiden bersama rombongan kembali ke lapangan bola Tetesua, lalu berangkat ke Bandara Binaka di Gunungsitoli menggunakan Helikopter kemudian kembali ke Medan untuk melanjutkan agenda lainnya. (Red-SP.ID/FH)