Hadiri Sosialisasi NIB, Bupati Simalungun: Pemerintah Hadir Memberikan Fasilitas dalam Mendung Perekonomian Daerah -->
AYO IKUTI PROTOKOL KESEHATAN - CEGAH PENYEBARAN COVID-19 DIMULAI DARI DIRI KITA SENDIRI

Iklan

Hadiri Sosialisasi NIB, Bupati Simalungun: Pemerintah Hadir Memberikan Fasilitas dalam Mendung Perekonomian Daerah

Sunday, July 17, 2022

(Image/Gambar) : Bupati Simalungun Radiapoh  Sinaga saat menghadiri acara
Simalungun - Sumutpos.id : Bupati Simalungun Radiapoh Hasiholan Sinaga bersama Ketua DPRD Simalungun Timbul Jaya Sibarani menghadiri Sosialisasi Nomor Induk Berusaha (NIB) Pemerintah Simalungun bersama  Emak-emak (Nasabah PNM Mekaar) pelaku UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah) berkolaborasi  dalam meningkatkan  perekonomian daerah, di Hotel Horison Pematangsiantar, Sabtu (16/7/2022) 

Dalam sambutannya Bupati menyampaikan bahwa pemerintahan akan hadir memberikan fasilitas  dalam mendukung  perekonomian daerah melalui memberikan kemudahan dalam pengurus perizinan dan tentunya  tidak di pungut biaya.


“Tentu juga Pemerintah selalu mendukung program yang di lakukan PNM (Pemodalan Nasional Mandiri) untuk  masyarakat yang ada di Simalungun. Melalui program  tersebut tentu akan  memberi dampak positif  melalui UMKM  yang tercipta dan dampak  perekonomian  dalam keluarga,” kata Bupati.
  
Bupati mengimbau kepada para ibu-ibu agar memenejemen dengan baik pinjaman yang di berikan. “Jangan modal itu di belanjakan untuk keperluan sekunder,” ucap Bupati.
 
Menurut Bupati, dari persentase yang di sampaikan oleh PNM bahwa macetnya pembayaran tidak mencapai 1 %. 

“Di sini lah kita bisa melihat bahwa emak-emak ini sangat setia dan bertanggung jawab. Maka pantas kalau pepatah mengatakan bahwa surga itu di telapak kaki ibu, dan karena berkat ibu lah kita bisa seperti ini, dan dari ibu juga lah kita belajar berkeadilan,” tandas Bupati.




Dan dalam kesempatan, Bupati berdialog dengan Ade Herlina (pengusaha ice crem). Herlina menceritakan  bawah usaha berkembang dengan batuan Mekaar yang di berikan PNM. “Dan hari ini saya memiliki 3 anggota. Dari tidak punya kulkas sampai kini memiliki 5 kulkas,” katanya.

Dari dialog itu, Bupati  berharap kepada Ade Herlina untuk menular kan kesuksesan nya kepada ibu-ibu yang lainnya, dengan menjadi instruktur untuk memberikan pelatihan kepada ibu-ibu lainya, melalui Dinas Tenaga Kerja dan Dinas Koperasi dan UKM yang akan memfasilitasinya.

Sementara itu, Ketua DPRD Simalungun Timbul Jaya Sibarani menyampaikan bahwa pihaknya sangat mengapresiasi program PMN. “Emak-emak ini merupakan pahlawan dalam kehidupan kita. Jika ada emak-emak yang ikut dalam meningkatkan ekonomi keluarga, maka  ini sangat luar biasa,” katanya.
“Dari ibu lah kita belajar keadilan dan komitmen, juga kejujuran, karena ibu lah yang bisa membagikan ikan gembung 1 ekor untuk anak nya 7 orang tapi terlihat adil tampa menyakiti hati anak yang lain,” ujar Timbul menambahkan.

Selanjutnya Ketua DPRD berharap, melalui PNM banyak program yang mengedukasi masyarakat  Simalungun dalam meningkatkan perekonomian di Kabupaten Simalungun.

Sebelumnya Yandri Maroli Patikawa selaku Kepala Cabang PNM Simalungun antara lain menjelaskan bahwa program ini merupakan edukasi bagi masyarakat khusus  emak-emak dalam ikut meningkatkan  ekonomi  keluarganya. 
“Program  ini sudah berjalan di 29 kecamatan, dari 32 kecamatan yang ada dan di 356 desa dengan 3.000 kelompok usaha dan Jumlah nasabah sebanyak 45.524 nasabah dengan dana sebesar Rp. 213 M,”papar Yandri sembari mengatakan bahwa pihaknya kami terus memberikan pendidikan dan pendampingan serta melakukan kontrol sosial.

Tampak hadir antara lain Kepala BPJS Ketenagakerjaan Pematang Siantar Andi Widya Leksana, Kadis Penanaman Modal dan Pelayanan Izin Terpadi Pahala R Sinaga, Kadis Tenaga Kerja Riando P Purba, dan Kadis Koperasi dan UKM Marulitua Tambunan.(Red-SP.ID/FIS)