Plt Wali Kota Pematangsiantar Bersama Forkopimda Ikuti Upacara Hari Kelahiran Pancasila secara Virtual -->
AYO IKUTI PROTOKOL KESEHATAN - CEGAH PENYEBARAN COVID-19 DIMULAI DARI DIRI KITA SENDIRI

Iklan

Plt Wali Kota Pematangsiantar Bersama Forkopimda Ikuti Upacara Hari Kelahiran Pancasila secara Virtual

Wednesday, June 1, 2022

(Image/Gambar) : Plt Walikota Pematangsiantar Susanti Dewayani bersama Forkopimda saat mengikut upacara hari kelahiran Pancasila secara virtual.

Pematangsiantar - Sumutpos.id : Pelaksana tugas (Plt) Wali Kota Pematangsiantar Susanti Dewayani bersama unsur Forkopimda Pematangsiantar mengikuti upacara peringatan Hari Kelahiran Pancasila secara virtual, dari Command Center Balai Kota Pematangsiantar, Sumut, Rabu (1/6/2022).

Puncak peringatan Hari Kelahiran Pancasila Republik Indonesia (RI) tahun ini dipusatkan di lapangan Pancasila Ende, Kelurahan Kotaraja, Kecamatan Ende Utara, Kabupaten Ende, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT).

Presiden Joko Widodo (Jokowi) sebagai Inspektur Upacara memimpin upacara secara langsung di Lapangan Pancasila Ende .
Dalam amanatnya Presiden Jokowi mengajak seluruh rakyat Indonesia untuk membumikan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari.

"Dari Kota Ende, saya mengajak seluruh anak-anak bangsa di mana pun berada untuk  bersama-sama membumikan Pancasila dan mengaktualisasikan nilai-nilai luhur Pancasila dalam kehidupan bermasyarakat berbangsa dan bernegara," kata Jokowi.

Presiden Jokowi juga mengatakan Kota Ende sangat bersejarah sebab menjadi tempat presiden pertama RI Soekarno, merenungkan dan merumuskan Pancasila. Kemudian, rumusan Pancasila itu disahkan Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia (PPKI) sebagai dasar negara.

Dia menyebut Pancasila bukan hanya telah mempersatukan bangsa Indonesia, namun juga menjadi bintang penuntun saat menghadapi tantangan dan ujian. Hal ini, kata Jokowi, telah dibuktikkan berkali-kali dalam perjalanan sejarah bangsa.

"Bangsa dan negara kita bisa tetap berdiri kokoh menjadi negara kuat karena kita semua sepakat untuk berlandaskan pada Pancasila," ujarnya.
"Saya selalu ingatkan kita harus betul-betul mengamalkan Pancasila, dan memperjuangkan Pancasila. Kita wujudkan dalam sistem kemasyarakatan kebangsaan dan kenegaraan kita," kata Jokowi.

Turut hadir dalam upacara hari kelahiran Pancasila tersebut, Ketua DPRD Pematangsiantar Timbul Marganda, Ketua Pengadilan Negeri (PN) Pematangsiantar Afrizal Hady SH MH, Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Pematangsiantar Jurist Precisely Sitepu SH MH, Dandim 0207 Simalungun diwakili Kapten Inf Carles Tarigan, dan Sekretaris Daerah (Sekda) Pematangsiantar Budi Utari Siregar AP.(Red-SP.ID/FIS)