Hari Kedua Festival Pesona Aekhula Dihadiri Ribuan Pengunjung -->
AYO IKUTI PROTOKOL KESEHATAN - CEGAH PENYEBARAN COVID-19 DIMULAI DARI DIRI KITA SENDIRI

Iklan

Hari Kedua Festival Pesona Aekhula Dihadiri Ribuan Pengunjung

Tuesday, June 21, 2022

(image/gambar) Salah satu layangan yang dilombakan pada festival pesona Aekhula

Nias Barat - Sumutpos.id : Hari kedua pelaksanaan Kharisma Event Nusantara-Festival Pesona Aekhula yang dilaksanakan di dua lokasi berbeda, yaitu lapangan bola kaki Tetesua dan pantai indah Sirombu, sangat ramai dihadiri ribuan pengunjung, Minggu (19/06/2022).

Sesuai jadwal yang telah ditetapkan sebelumnya, hari kedua pelaksanaan Festival Pesona Aekhula dilaksanakan pada 2 lokasi, yaitu Lapangan Bola Kaki Tetesua dengan kegiatan, yaitu lomba kerajinan tangan, lanjutan babak penyisihan Aekhula Voice, lanjutan bazar dan kunjungan stan dan penampilan sanggar budaya. Sedangkan pada waktu yang sama di pantai Sirombu dilaksanakan Festival layang-layang dan lomba spot foto.

Pantauan langsung Tim Media Center Kabupaten Nias Barat, kegiatan pada dua lokasi pelaksanaan kegiatan dihadiri ribuan pengunjung dari berbagai wilayah di Kabupaten Nias Barat bahkan dari Kabupaten/Kota lainnya di Pulau Nias.


Bupati Nias Barat didampingi Sekretaris Daerah saat menyaksikan layang-layang yang sedang diterbangkan
Langit biru di pantai Sirombu terlihat semakin indah dihiasi puluhan layang-layang dari beragam bentuk dan warna yang dilombakan  pada pagelaran hari kedua event nasional Kharisma Event Nusantara (KEN) Festival Pesona Aekhula (FPA) Tahun 2022.

Camat Mandrehe, Farianus Gulo, yang hadir menyaksikan Festival layang-layang tersebut, berharap agar kegiatan ini dilakukan secara berkelanjutan.
“Kita berharap kegiatan ini dilakukan terus menerus secara berkelanjutan, karena kegiatan ini sangat diminati dan banyak dikunjungi oleh masyarakat terutama masyarakat kepulauan Nias”, ujarnya kepada Tim Liputan Media Center.

Beragam bentuk layang-layang yang diperlombakan, ada yang berbentuk burung elang, pesawat terbang, gambar pasangan laki-laki dan perempuan dengan baju adat khas Nias Barat, ada pula layang-layang yang menyerupai bentuk rumah adat khas Nias Barat.

Bupati Nias Barat, Khenoki Waruwu, yang hadir menyaksikan festival layang-lanyang didampingi Sekda Nias Barat Prof. Dr. Fakhili Gulo, M.Si, menyampampaikan ungkapan terima kasih kepada masyarakat yang antusias hadir menyaksikan kegiatan festival. Ia juga menyampaikan apresiasi kepada peserta lomba dengan memberikan bonus di luar hadiah yang telah disediakan oleh panitia.

“Terima kasih kepada masyarakat Nias Barat yang sangat antusias hadir menyaksikan festival ini. Sebagai bentuk apresiasi saya secara pribadi, saya memberikan bonus kepada peserta di luar hadiah kejuaraan dari panitia”, kata Bupati Khenoki Waruwu dihadapan ribuan pengunjung festival.

Bonus dalam bentuk uang tunai diserahkan langsung oleh Bupati Nias Barat, Sekda, Ketua Umum PMNBI Faahakhododo Maruhawa, Anggota Bawaslu Hezekiel Daeli kepada masing-masing yang terpilih berdasarkan bentuk dan ketinggian layang-layang.


Bupati dan Sekda Nias Barat berfoto dengan salah satu peserta festival layang-layang
Setelah pelaksanaan festival layang-layang di pantai Sirombu, Bupati bersama Sekda dan rombongan lainnya, menyempatkan diri menyaksikan lomba Aekhula Voice di lapangan bola kaki Tetesua.

Antusias masyarakat dan pengunjung menyaksikan Aekhula Voice tidak kalah dengan pengunjung festival layang-layang di pantai Sirombu. Bahkan, terlihat Bupati dan Sekda berjoget bersama pengunjung yang larut dalam alunan musik dan lagu yang dibawakan oleh bintang tamu, Jeffrey Waruwu dan Monalisa Zalukhu. (Red-SP. ID/FH)