Bupati Toba : Mari Bangkitkan Kembali Budaya Gotong Royong -->
AYO IKUTI PROTOKOL KESEHATAN - CEGAH PENYEBARAN COVID-19 DIMULAI DARI DIRI KITA SENDIRI

Iklan

Bupati Toba : Mari Bangkitkan Kembali Budaya Gotong Royong

Friday, June 3, 2022

 Bupati Toba : Mari Bangkitkan Kembali Budaya Gotong Royong
Bupati Toba Ir. Poltak Sitorus saat memberikan BSPS kepada warganya.

Toba-Sumutpos.id:Pemerintah Kabupaten (Pemkab)Toba di bawah pimpinan Bupati Ir.  Poltak Sitorus mengajak masyarakat untuk membangkitkan kembali budaya gotong royong, hal itu disampaikan Bupati saat menyerahkan Program Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) kepada masyarakat Kabupaten Toba yang diselenggarakan di Aula Kantor Camat Habinsaran, Kamis (2/7/22)

Plt. Kadis Perumahan dan Kawasan Permukiman (PKP) Kabupaten Toba, Tagor Siburian dalam laporannya sampaikan bahwa tujuan dari diadakannya kegiatan ini adalah untuk membantunya masyarakat berpenghasilan rendah agar dapat memiliki rumah layak huni . Selanjutnya penyerahan BPSP dalam bentuk buku tabungan Kementerian PUPR Tahun 2022 yang turut bekerjasama dengan Bank Mandiri akan dilakukan di dua lokasi dan dihadiri langsung oleh masyarakat penerima bantuan.

Adapun kedua lokasi penyerahan untuk penerima bantuan, Tagor Siburian melanjutkan bahwa lokasi yang pertama yakni untuk Kecamatan Habinsaran dan Kecamatan Borbor yang dilakukan hari ini sebanyak 95 unit dan yang kedua lokasi penyerahan akan diadakan di Kecamatan Laguboti hari Jumat ,3 Juni 2022, sebanyak 137 unit dengan target penerima meliputi masyarakat Kecamatan Tampahan, Siantar Narumonda, Silaen, Laguboti, Sigumpar dan total buku tabungan untuk dua lokasi sebanyak 232 unit

Sementara itu, Kepala Balai Pelaksana Penyediaan Perumahan Sumatera II yang diwakili oleh Irianto Sirait, ST., MT menyampaikan bahwa program BSPS saat ini boleh masuk desa di Kabupaten Toba berkat usaha dan upaya Bupati Toba dan anggota DPR RI Dapil Sumut II, Jhoni Allen Marbun dimana pendanaannya berasal dari APBN dan yang mengelola adalah Kementerian PUPR.

Irianto juga mengatakan bahwa kriteria utama untuk penerima bantuan adalah WNI yang memiliki dan menguasai tanah secara jelas dan sah.

"Dan kami mohon kerjasama Pemerintah Daerah dan masyarakat dalam verifikasi kelayakan yang sesuai kriteria dan bergotong-royong dalam penyelesaian nantinya," tambahnya.

Senada dengan Irianto, Roy Simanjuntak yang merupakan perwakilan dari Anggota DPR RI dapil Sumut II juga sampaikan bahwa hasil dari adanya bantuan ini adalah kolaborasi Bupati Toba bersama Jhonny Allen Marbun, dari 1000 unit yang tersedia, Kabupaten Toba mendapatkan 360 unit oleh karena harus dibagi dengan kabupaten lain yang merupakan dapil Sumut II.

Saat pertemuan bersama Jonny Allen, Roy juga sampaikan bahwa Bupati Toba menyampaikan keinginannya agar akses jalan di sepanjang Kecamatan Habornas sampai ke Labura dapat benar-benar terbuka agar akses masyarakat lancar dalam mendistribusikan potensi pertanian. Dan targetnya akses jalan yang dipegang Provinsi dapat dialihkan menjadi jalan Nasional

Bupati Poltak Sitorus dalam sambutannya menyampaikan rasa terimakasih atas respon cepat anggota DPR RI Dapil Sumut II hingga acara ini boleh terjadi.

Dikatakannya lagi bahwa jumlah rumah di Kabupaten Toba sekitar 47.722 unit terdiri dari rumah layak huni sebanyak 37.278 unit dan tidak layak huni 10.444 unit jadi disinilah pemerintah hadir dan harus menjadi tugas bersama untuk membantu masyarakat hidup sejahtera melalui program peningkatan kualitas rumah tidak layak huni bagi masyarakat berpenghasilan rendah menjadi rumah layak huni sebagaimana amanat UU No. 1 Tahun 2011 tentang Perumahan dan kawasan Permukiman.

"Sengaja dibuat pemerintah tidak cukup nominalnya yakni 20 juta dan bukan dalam bentuk uang melainkan barang material bangunan. Ini hanya sebagai stimulan, rangsangan, sisanya itulah yang perlu kita bergotong royong sebagaimana budaya kita yg telah diwariskan sejak nenek moyang kita dulu," sebut Bupati Poltak Sitorus.

Dikatakannya lagi bahwa pelaksanaan program ini dilakukan secara per-desa agar masyarakat penerima bantuan dalam desa atau kampung itu dapat bergotong royong karena dengan cara gotong royong maka rumah yang seharga miliaran seperti yang dibangun nenek moyang kita dahulu dapat kita selesaikan maka dari itu melalui program ini pemerintah mengajak untuk membangkitkan kembali budaya gotong royong ditengah-tengah masyarakat.

 "Saya mohon dengan sangat, janganlah tinggalkan budaya gotong royong dan kami mau pastikan ini dapat dilaksanakan," katanya
 
Dikesempatan ini juga, Bupati Poltak meminta seluruh pihak terkait agar kegiatan ini bisa dipastikan terlaksana bahkan kepala desa diharapkan untuk tidak tebang pilih bagi masyarakat penerima bantuan dan para camat dapat memonitor supaya pelaksanaannya sesuai.

Tidak lupa Bupati Poltak Sitorus berpesan agar masyarakat dapat bersikap ramah dan santun kepada wisatawan sebagai bentuk ucapan syukur atas segala bantuan yang telah kita terima, karena kedepannya kita usahakan menghadirkan wisatawan sampai ke wilayah Habornas ini.

"Nanti disini akan ada agrowisata dengan produk unggulan seperti kopi. Kita juga telah mengajukan permohonan kita kepada banggar DPRD Sumut untuk dapat mengatasi kondisi jalan Habornas sampai ke perbatasan Kabupaten Labura agar masyarakat memiliki kemerdekaan akan akses jalan dan untuk kelancaran distribusi hasil pertanian." tutupnya

Selanjutnya Bupati Toba bersama sama dengan perwakilan dari Anggota DPR RI, Sapil Sumut II, Balai Pelaksana Penyediaan Perumahan Sumatera II,  Kadis PKP dan Kepala Cabang Bank Mandiri Balige melakukan penyerahan buku tabungan kepada penerima BSPS untuk Kecamatan Habinsaran dan Kecamatan Borbor. (Red-SP.ID/DS).