Bupati Nias Barat Mengajak 105 Desa Menampilkan Budaya Daerahnya Pada Festival Pesona Aekhula -->
AYO IKUTI PROTOKOL KESEHATAN - CEGAH PENYEBARAN COVID-19 DIMULAI DARI DIRI KITA SENDIRI

Iklan

Bupati Nias Barat Mengajak 105 Desa Menampilkan Budaya Daerahnya Pada Festival Pesona Aekhula

Friday, June 17, 2022

(image/gambar) Bupati Nias Barat saat pimpin rapat pemantapan kegiatan FPA

Nias Barat - Sumutpos.id : Bupati Nias Barat, Khenoki Waruwu mengajak seluruh Desa yang ada di Kabupaten Nias Barat untuk mengikuti kegiatan Festival Pesona Aekhula (FPA) yang akan digelar 18 - 22 Juni 2022 di Lapangan Bola Tetesua, Kecamatan Sirombu.

"Berharap yang 105 Desa di Nias Barat mengambil bagian menampilkan budaya daerahnya pada festival pesona aekhula" ujarnya Bupati Nias Barat, Khenoki Waruwu pada saat memimpin rapat pemantapan pelaksanaan Festival Pesona Aekhula di Ruang Aekhula, Onolimbu, Kecamatan Lahomi, Kamis (16/6).
Bupati Nias Barat, Khenoki Waruwu mengingatkan para Camat agar mengarahkan Desa yang ada di wilayahnya masing-masing untuk mengikuti kegiatan Festival Pesona Aekhula.

"Para Camat silahkan arahkan kepala Desa agar mendukung dan mengambil bagian pada kegiatan festival pesona aekhula ini. Catat yang tidak mau menampilkan budayannya" katanya.
Ia mengatakan Desa-desa yang tidak menampilkan budaya daerahnya itu sama halnya tidak mau memajukan dan mendukung pengembangan daerahnya sendiri.

Usai arahan dan bimbingan Bupati Nias Barat, dilanjutkan dengan penyerahan bantuan dana dari PT Bank Sumut untuk kegiatan FPA yang diserahkan langsung Pimpinan Bank Sumut KCP Lahomi, Ricky Onekhesi Hia kepada Bupati Nias Barat, Khenoki Waruwu.

Pantauan di lapangan, persiapan pelaksanaan festival Pesona Aekhula hampir maksimal sesuai yang direncanakan.


Apabila dilihat dari sisi kegiatan yang akan digelar juga hampir memenuhi target yang ditargetkan oleh panitia. Informasi yang didapatkan dari panitia pelaksana jumlah peserta lomba yang telah mendaftar tiap kegiatan per 16 Juni 2022 sebagai berikut :
1.  Lomba Aekhula voice 99 pendaftar, sementara target pendaftar 100 orang/group.
2. Lomba kerajinan tangan, 13 pendaftar
3. Lomba Kuliner, 15 pendaftar
4. Lomba Spot foto, 3 pendaftar
5. Lomba layang-layang, 40 pendaftar, dan
6. Mancing mania 150 pendaftar.
Rapat pemantapan kegiatan tersebut diikuti oleh Staf Ahli, Asisten, Kepala OPD Lingkup Pemkab Nias Barat, Kasat Intel Polres Nias, AKP Saksi Tarigan, Camat se-Kabupaten Nias Barat, Kapolsek Sirombu, IPDA Osiduhugó Daeli, Pimpinan BUMN/BUMD di wilayah Nias Barat dan hadirin lainnya.(Red-SP. ID/FH)